close

Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Atau Kertas Origami Dengan Mudah

Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Atau Kertas Origami Dengan Mudah | Kincir angin merupakan hal yang sebenarnya dapat di buat oleh kita & anak kita sendiri. Namun bukan kincir angin yang asli seperti yang berada di Belanda ya tetapi kincir angin mini yang terbuat dari kertas karton atau kertas origami.

Kincir angin ini dapat kamu gunakan di rumahmu sebagai hiasan untuk memperindah halaman rumah ataupun bisa juga kamu pakai sebagai mainan anak-anak. Dengan memperindah rumahmu dengan kincir angin mini ini tak hanya memperindah rumahmu tetapi juga bisa merasakan sensasi seolah tinggal di negeri kincir angin yaitu belanda.

 

Cara Membuat Kincir Angin, Cara Membuat Kincir Angin  Mudah, Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Atau Kertas Origami Dengan Mudah
Sumber Gambar : Freepik

Kincir angin ini bisa lebih diperindah dengan membuat tiap bagian sisinya memiliki jenis warna yang berbeda-beda. Pastikanlah warna yang digunakan warna yang berwarna terang, & sebisa mungkin hindari penggunaan warna yang gelap karena bisa membuat kincir anginnya terlihat lebih jelek.

Nah tanpa basi basi lagi kita langsung saja ke pembahasan bagaimana cara membuatnya. Berikut ini cara membuat kincir angin dari kertas karton atau kertas origami dengan mudah yang telah saya rangkum dari beberapa sumber :

 

Peralatan Yang Perlu Di Siapkan
  • Siapakan Kertas Karton atau kertas origami dengan ukuran 15 x 15 cm.

  • Penggaris, bisa memakai penggaris besi atau yang berbahan plastik

  • Gunting mini atau gunting besar

  • Pensi

  • Manik-manik sebagai hiasan

  • Kayu untuk digunakan sebagai tiang atau bisa juga menggunakan sedotan

  • Palu & Paku


Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Dengan Mudah

  1. Bagilah kertas tadi yang berukuran 15x15cm tadi menjadi 4 bagian dengan besar yang sama. Pakai penggaris untuk menyamakan ukurannya agar sama rata. Bagian tengah kincir angin pastikan berada pada posisi 7,5 cm.

  2. Supaya kincir lebih tampak menarik serta terlihat cantik maka berilah keempat bagian kincir tadi cat dengan warna yang berbeda-beda.

  3. Selanjutnya gambalahr garis diagonal ( garis miring ) menuju di tiap sudut  menuju kepada bagian tengah. Jangan lupa untuk menyisakan bagian tengahnya, minimal 3 cm-an agar nantinya pada bagian ini bisa di beri hiasan berupa garis lingkaran atau manik-manik.

  4. Guntinglah garis diagonal ( garis miring ) tadi.

  5. Tandailah  bagian tepi sisi dengan A, B, C & D agar proses pengerjaan bisa lebih mudah.

  6. Tiap sisi A, B, C & D tadi lipat ke tengah & biarkan lipatan itu menumpuk supaya tidak mudah lepas.

  7. Lipatan kertas tadi tahan memakai jari, kemudian masukkan jarum pada titik tengah kincir angin.

  8. Lanjut dengan menempel manik pada bagian ujung jarum atau di bagian belakang karton. Pastikan memakai manik kecil agar tidak membebani kincir & kincir bisa berputar.

  9. Catlah tiang agar lebih kelihatan cantik dan agar kayu tidak mudah rusak saat terkena hujan. Pasang kincir pada tiang kayu & kemudian palu. Jangan memalunya terlalu rapat atau dalam agar kincir tidak menempel atau sangkut ke tiang kayu & kincir angin bisa berputar. Sedangkan jika memakai tiang sebagai sedotan cukup di tusuk memakai jarum. Kini kincir angin telah selesai di buat.

 

Demikian Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Atau Kertas Origami Dengan Mudah. Semoga tutorial ini membuat kincir angin ini bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url