close

Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Dengan Mudah

Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Dengan Mudah | Kincir angin sebenarnya bisa juga di buat menggunakan kertas karton. Kamu dapat membuatnya untuk menghiasi pekarangan rumah atau memberinya pada anak-anak kita yang tercinta untuk di jadikan mainan.

Dengan membuat kincir angin kita bisa merasakan sensasi seolah berada di negeri kincir angin belanda. Apalagi untuk jenis orang dengan tipe low budget seperti saya yang mana bisa meredam sedikit keinginan untuk melancong ke negeri tulip ini.

 

Cara Membuat Kincir Angin Mudah, Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Dengan Mudah
Sumber Gambar : Freepik

 

Kincir angin ini bisa kamu perindah dengan membuatnya memiliki warna berbeda-beda. Pastikan warna yang kamu gunakan ialah warna yang terang, jangan menggunakan warna yang gelap karena akan memperjelek kincir anginnya. 

Untuk membuatnya silahkan ikuti cara membuat kincir angin dari kertas karton dengan mudah yang saya rangkum dari berbagai sumber. Simak cara pembuatannya di bawah ini :

 

Peralatan Yang Perlu Di Siapkan
  • Kertas Karton 15 x 15 cm.

  • Penggaris, bisa penggaris besi ataupun plastik

  • Gunting

  • Pensil

  • Manik-manik

  • Batang kayu untuk tiang atau sedotan

  • Palu & Paku


Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Dengan Mudah

  1. Bagi kertas karton jadi 4 buah bagian yang sama besar. Pakailah penggaris supaya ukurannya bisa menjadi sama rata. Bagian tengah kincir angin haruslah pada posisi 7,5 cm.

  2. Agar lebih menarik & cantik maka warnailah keempat sisinya dengan tiap warna yang berbeda. Jika kamu memiliki anak maka biarkanlah mereka mewarnainya agar mereka mampu berkreasi serta bersenang-senang.

  3. Lanjut dengan menggambar garis miring menuju tiap-tiap sudut  menuju bagian tengah. Sisakan bagian tengahnya sekitar 3 cm-an supaya bisa di beri hiasan garis lingkaran ataupun manik.

  4. Gunting pada garis miring tadi. Sisakan jarak di bagian tengah sekitar 3 cm.

  5. Tandailah  tiap tepian sisi dengan A, B, C & D untuk mempermudah proses pengerjaan.

  6. Lipatlah tiap sisi A, B, C & D ke tengah & biarkan lipatan tersebut menumpuk agar tidak mudah lepas.

  7. Tahan kertas yang di lipat tadi menggunakan jari, masukkan jarum tepat titik tengah kincir.

  8. Kemudian tempellah manik di ujung jarum atau pada bagian belakang karton. Pastikan untuk memakai manik yang berukuran kecil agar tidak berat serta kertas bisa berputar.

  9. Nah, untuk tiang kayu bisa di cat agar lebih indah & cantik. Lanjut dengan memasang kincir dan kemudian palu. Usahakan untuk tak terlalu ketat memalunya supaya kincir tidak sangkut & bisa berputar. Jika memakai sedotan sebagai tiang kincir maka cukup tusuk menggunakan jarum agar kincir menempel. Kini kincir angin buatanmu telah selesai.

 

Demikianlah Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton Dengan Mudah. Semoga tutorial ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url