close

9 Cara Mengatasi HP Lemot Pada Xiaomi Dengan Mudah Dan Bisa kamu lakukan Sendiri Di Rumah

9 Cara Mudah Mengatasi HP Lemot Pada Xiaomi | Kinerja ponsel yang terasa lambat atau lemot akan dirasa sangat mengganggu. Bayangkan saja hanya untuk membuka sebuah aplikasi di ponsel xiaomi memerlukan bermenit-menit lamanya. Tentunya ini akan membuat kesal kita sebagai pengguna.

Namun sebelum berasumsi yang macam-macam terhadap ponsel milik kita, ada baiknya kita paham sedikit mengenai spesifikasi ponsel. Mengapa? karena sebenarnya spesifikasi mesin itulah yang menentukan sebarapa maksimal atau cepat kinerjanya.


9 Cara Mengatasi HP Lemot Pada Xiaomi Dengan Mudah Dan Bisa kamu lakukan Sendiri Di Rumah, Cara Mengatasi HP Lemot Pada Xiaomi Redmi 6A atau Xiaomi Redmi 3S


Semakin tinggi spesifikasi mesin ( Ram, Chipset, Memory Internal ) pada ponsel maka akan semakin cepat sebuah ponsel dalam memproses data atau perintah. Itulah sebabnya mengapa harga ponsel berspesifikasi tinggi ( High End ) di jual lebih mahal di bandingkan dengan ponsel berspesifikasi rendah ( Low End ).

Ponsel High End rata-rata di jual di atas harga 3 jutaan sementara ponsel Low End di jual dengan harga kisaran 1 jutaan.

Lalu bagaimana dengan ponsel jadul ? ponsel jadul sendiri mungkin apabila dibandingkan dengan ponsel keluaran terbaru memiliki kinerja yang lebih rendah, di tambah lagi jika ponsel jadul tersebut adalah ponsel tipe spesifikasi rendah.

Biasanya ponsel yang sering mengalami masalah lemot yakni ponsel Low End seperti Xiaomi Redmi 6A atau Xiaomi Redmi 3S dan ponsel jadul. Untuk mengatasi ponsel lemot pada hp xiaomi maka kamu bisa mencoba mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

 

1. Menutup Seluruh Aplikasi Yang Tidak Di Pakai

Kebiasaan yang satu ini biasanya sering kita lakukan. Membuka aplikasi lain tanpa menutup aplikasi lainnya dengan benar maka akan menyebabkan penumpukan pemakaian ram. Pemakaian ram ini akan terus berlanjut karena aplikasi tidak di tutup dengan benar. Hal ini pastinya akan memberi pengaruh pada ponsel yang menyebabkan ponsel lemot.

Untuk mengatasinya cukup memakai aplikasi pembersih ram untuk ponsel xiaomi yang bisa kamu download di google playstore.


2. Bersihkan File Yang Tidak Terpakai Pada Ponsel

Jangan biarkan ruang penyimpanan memory internal ponsel kamu penuh. Karena jikalau penuh maka kamu akan merasakan betapa lemotnya ponsel kamu dan munculnya notifikasi-notifikasi error seperti “App Has Stopped Working” atau “Playstore Has Stopped Working

Jangan biarkan ruang memory penuh ataupun notifikasi-notifikasi di atas terus muncul. Karena jikalau di biarkan akan menyebabkan ponsel bootlop atau mati total.

Untuk mengatasi memory penyimpanan internal ponsel hampir penuh hanya bisa di lakukan dengan melakukan penghapusan file secara manual pada ponsel.

 

3. Uninstal Aplikasi Atau Game Yang Tidak Di Pakai

Sama halnya dengan menumpuk file di memory penyimpanan ponsel. Menumpuk aplikasi & game juga akan menyebabkan gangguan kinerja pemprosesan akibat penuhnya ruang penyimpanan di memory.


4. Batasi Pemakaian Widget

Memakai widget sama halnya dengan memakai aplikasi, keduanya membutuhkan pemakaian memory. Pemakaian widget yang berlebihan tentunya akan berpengaruh pada kinerja ponsel. Jadi sebaiknya batasi pemakaian widget atau tidak menggunakannya sama sekali.

Untuk ponsel High End, pemakaian widget yang berlebihan mungkin tidak memiliki pengaruh sama sekali di karenakan besarnya kapasitas ram yang di milikinya.


5. Jangan Memakai Live Wallpaper

Jika kamu adalah pengguna ponsel High End maka penggunaan live walpaper tidaklah terlalu begitu berpengaruh pada kecepatan performa ponsel. Namun hal ini berbeda dengan ponsel  jenis Low End atau ponsel kentang.

Memakai live wallpaper tentu akan menyebabkan ponsel terasa sangat lambat atau lemot dan penggunaan baterai sangatlah boros serta ponsel akan mudah panas.

 

6. Membersihkan File Sampah

File yang tak pernah dipakai dan tak berguna yang ada pada ponsel merupakan file sampah. Contoh file sampah antara lain cache & cookie pada aplikasi dan browser, log file, file download yang tidak selesai,  dan lain sebagainya.

Rutinlah membersihkan file sampah pada ponsel untuk mengoptimalkan kinerjanya. Untuk membersihkannya sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu memakai aplikasi pembersih file sampah bawaan ponsel atau mendownlod aplikasi sejenisnya di playstore.


7. Update Sistem MIUI Ke Versi Terbaru

Peningkatan sistem MIU ke versi terbaru akan menyempurnakan versi saat ini. Berbagai masalah yang sering terjadi pada ponsel seperti Bug, Error pada versi sebelumnya akan di perbaiki & akan ada pengoptimalan serta peningkatan efisiensi perintah . 

Hal ini pastinya akan memaksimalkan kinerja ponsel dan pengguna akan lebih di manjakan dengan ui terbaru serta nyaman dalam penggunaannya.


8. Hard Reset

Hard riset bisa kamu lakukan untuk mengatasi ponsel xiaomi yang lambat atau lemot. Namun pastikan bahwa kamu membackup semua data milikmu ke laptop sebelum melakukan cara ini jika kamu tidak ingin seluruh datamu hilang terhapus begitu saja. 

Juga jangan lupa nama gmail dan sandinya untuk jaga-jaga jika ponsel meminta verifikasi account google.

Cara hard reset terbilang mudah, kamu hanya perlu memilih SETELAN atau PENGATURAN lalu pilih KEMBALI KE PENGATURAN PABRIK.


9. Bawa Ponsel Kamu Ke Service HP Terdekat

Jika kamu telah mencoba menerapkan semua langkah di atas namun tetap saja ponsel kamu lemot maka langkah terakhir yang bisa kamu tempuh adalah membawa ponsel kamu ke servis hp terdekat dari rumahmu untuk melakukan flash rom.

Dengan flash rom maka sistem pada ponsel kamu akan menjadi seperti baru lagi dan virus serta malware pada ponsel secara otomatis akan di bersihkan.

Dengan menerapkan cara di atas mungkin bisa mengatasi masalah lambat atau lemot yang ada pada hp xiaomi serta meningkatkan performa ponsel.

Demikian artikel  9 Cara Mudah Mengatasi HP Lemot Pada Xiaomi. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url