close

5 Manfaat Belajar Ekonomi Yang Perlu Kamu Ketahui !

5 Manfaat Belajar Ekonomi Yang Perlu Kamu Ketahui ! | Apa itu ilmu ekonomi ? Ekonomi adalah sebuah cabang ilmu sosial yang mempelajari bagaimana orang berinteraksi dengan nilai suatu hal. Ilmu ekonomi akan mengajarkan tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang serta jasa.

Ilmu ekonomi juga mengeksplorasi bagaimana ekonomi bekerja, perilaku dan interaksi orang, perusahaan maupun organisasi


Belajar ekonomi, 5 Manfaat Pentingnya Belajar Ekonomi

Ekonomi melihat bagaimana negara, individu, pemerintah, dan bisnis membuat keputusan mengenai alokasi sumber daya ekonomi. Ilmu ekonomi terbagi atas ekonomi makro, yang berfokus pada ekonomi secara keseluruhan, dan ekonomi mikro, yang berfokus pada bisnis individu dan orang-orang.

Apa saja sih manfaat pentingnya belajar ekonomi yang bisa kita dapatkan, berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan belajar ekonomi :


1. Ekonomi & Dunia

Ekonomi mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita. Bidang ini mencakup subjek yang luas yang membekali kita dengan keterampilan yang dibutuhkan di berbagai sektor dan profesi. Ilmu ekonomi membantu kita memahami dunia di sekitar kita dan cara kerjanya.

Juga membantu kita memahami orang, pemerintah, bisnis, dan pasar serta mengapa mereka membuat pilihan ekonomi yang mereka lakukan.

Belajar ekonomi akan membekali seseorang dengan keterampilan analitis dan pemecahan masalah yang akan memungkinkan ia untuk berhasil dalam berbagai karir seperti hukum, aktuaris, keuangan dan urusan luar negeri.

 

2. Gaji Yang Tinggi

Gaji awal sarjana lulusan ekonomi bervariasi antara 3 sampai 5 juta. Angka tersebut bervariasi tergantung pada lokasi, pengalaman, dan sektor yang dipilih. Biasanya, mereka yang bekerja di jasa keuangan, perbankan dan konsultasi, mendapatkan gaji lebih tinggi.


3. Prospek Pekerjaan

Ekonomi adalah mata pelajaran yang serba guna dan begitu banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga lulusan mata pelajaran tersebut dapat mengharapkan prospek karir yang bagus. Pekerjaan yang tersedia dalam bidang ekonomi sudah tinggi dan diproyeksikan akan tumbuh selama dekade berikutnya.

Banyak organisasi industri menggunakan metode dan analisis kuantitatif untuk membuat perkiraan akurat untuk tren pasar. Hal ini membuat terbuka banyak kesempatan bagi para profesional terampil yang memahami data dalam penetapan harga dan periklanan untuk bergabung ke dalamnya.


4. Menggabungkan Ekonomi Dengan Mata Pelajaran Lain

Ekonomi sangat fleksibel dan relevan secara luas, sehingga bekerja sempurna dalam kombinasi dengan mata pelajaran lain. Sebagai salah satu ilmu sosial, ekonomi dapat dengan mudah di kombinasikan dengan sosiologi, ilmu politik, antropologi dan psikologi.

Semua mata pelajaran ini mempelajari perilaku manusia, baik secara individu maupun kelompok. Tidak hanya ekonomi yang terkait dengan ilmu yang lain namun mereka semua secara aktif saling melengkapi.


5. Keterampilan Yang Terhubung Dengan Pelajaran & Profesi Lain

Ilmu ekonomi akan memberi keterampilan khusus subjek, seperti penerapan model dan prinsip ekonomi, pasar keuangan, dan sebagainya. Namun, kita juga akan mendapatkan keterampilan yang dapat ditransfer ke banyak mata pelajaran dan profesi lain. Beberapa di antaranya adalah:

  • Komunikasi - Menjelaskan informasi yang kompleks dan menyajikan temuan.

  • Numeracy - Menerapkan analisis statistik dan metode matematika.

  • Pemecahan Masalah – Mengumpulkan informasi, membuat rekomendasi, dan menarik kesimpulan.

  • Komputasi - Menggunakan berbagai bentuk perangkat lunak TI.

  • Manajemen Waktu - Menyelesaikan tugas dalam tenggat waktu yang ketat dan mengelola prioritas yang bersaing.

  • Keterampilan Analitis - Menemukan metode penelitian baru, mengamati data, dan membuat rekomendasi.


Demikian artikel 5 Manfaat Belajar Ekonomi Yang Perlu Kamu Ketahui . Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url