close

12 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

12 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah | Banyak cara menurunkan berat badan yang mungkin bisa kita lakukan mulai dari yang sederhana dan yang berat, dari yang gratisan ataupun yang berbayar. Namun untuk mendapat sebuah hasil yang sesuai harapan, tentu saja kamu perlu mempraktikkannya secara disiplin dan teratur.

Banyak kegiatan yang tanpa di sadari mampu membantu kita dalam menurunkan berat badan dengan cepat, contohnya seperti memasak. Dengan memasak kita bisa lebih mengatur porsi makanan, mengatur kalori harian, memasak makanan sehat.


12 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat & Alami Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah
 

Pada artikel kali ini riz akan berbagi 12 cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami yang bisa kamu lakukan di rumah. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

 

1. Sarapanlah Di Pagi Hari

Tidak sarapan tentunya tidak akan membantumu menurunkan berat badan. Kamu hanya akan kehilangan nutrisi penting dan saat kamu lapar mungkin nantinya kamu akan jajan makanan ringan lebih banyak


2. Makan Secara Teratur

Makan dengan teratur akan membantumu dalam menurunkan berat badan apalagi makan di siang hari.  Hal ini di karenakan kalori dalam tubuh lebih cepat dibakar. Makan dengan teratur juga mampu mengurangi godaan untuk jajan makanan tinggi lemak dan juga gula.


3. Makan Banyak Buah Dan Sayuran

Buah dan sayuran rendah kalori, lemak, dan juga tinggi akan serat. Tak hanya itu buah dan sayuran juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

 

4. Rajin Olahraga & Aktif Beraktivitas

Rajin olahraga dan aktif beraktivitas adalah salah satu kunci untuk menurunkan berat badan. Selain memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, olahraga juga dapat membantu membakar kelebihan lemak & kalori yang tidak dapat di hilangkan melalui diet.

Aktif beraktivitas atau bergerak juga ternyata mampu menurunkan berat badan apabila di lakukan secara rutin dan dilengkapi dengan diet sehat tentunya.


5. Banyak Minum Air Putih

Terkadang kita bingung membedakan antara rasa haus dengan rasa lapar yang akhirnya membuat kita mengonsumsi kalori ekstra padahal sebenarnya kita hanya butuh segelas air.


6. Makan-Makanan Mengandung Serat Tinggi

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu agar tidak mudah lapar dan sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Makanan berserat biasanya hanya terdapat pada jenis makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayuran dan buah-buahan.

 

7. Baca Label Makanan

Membaca label makanan dapat membantu untuk memilah makanan mana yang lebih sehat & sesuai selera kita. Informasi kalori pada label juga akan membantu agar sesuai dengan kalori harian kita pada rencana penurunan berat badan.

 

8. Gunakan Piring Yang Lebih Kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil bisa secara bertahap membuat kita terbiasa makan dengan porsi lebih kecil tanpa merasa lapar. Di samping itu menggunakan piring yang kecil akan merangsang otak berpikir bahwa makanan yang kita makan seolah lebih banyak atau porsi besar.

Butuh waktu sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa sudah kenyang, jadi makanlah secara perlahan dan berhentilah makan sebelum kamu merasa kenyang.

 

9. Jangan Membatasi Makanan Yang Akan Kamu Makan

Jangan melakukan pembatasan terhadap makanan apa pun dari rencana diet kamu, terutama makanan yang disukai. Melakukan pembatasan makanan hanya akan membuat kita lebih menginginkannya. Tidak masalah menikmati makanan yang kita sukai sesekali selama tetap dalam batas wajar jumlah kalori harian.

 

10. Jangan Menyimpan Makanan Siap Saji ( Junk Food )

Untuk menghindari godaan, jangan menyimpan makanan siap saji di kulkas, seperti mie instan, minuman ringan, kue, kue coklat, keripik dan minuman bersoda. Sebagai gantinya, gantilah dengan makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan, popcorn tawar, jus buah atau jus sayuran atau jenis cemilan sehat lainnya.

 

11. Kurangi alkohol

Seiring waktu, minum minuman beralkohol secara berlebihan dapat dengan mudah menambah berat badan. Di tambah lagi minum minuman beralkohol terlalu berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

 

12. Rencanakan Apa Yang Akan Kamu Makan

Lakukan perencanaan atas apa yang akan kamu makan pada sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan selama seminggu. Namun pastikan makanan yang akan kamu makan tetap pada batas kalori harian, rendah lemak dan bernutrisi. Buatlah daftar belanja mingguan agar kamu terbantu dalam melakukan perencanaan menu makanan.

 

Dengan melakukan cara di atas dengan rutin dan teratur maka bisa saja dalam 1 minggu berat badan kamu turun 5kg atau 3 kg dalam seminggu. Cara di atas juga bisa di lakukan untuk menurunkan berat badan dari 60 Kg menjadi 45 Kg.

Demikian artikel 12 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah. Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url