close

11 Cara Merawat Motor Yang Benar Dan Mudah Dilakukan

11 Cara Merawat Motor Yang Benar Dan Mudah | Sepeda motor ialah sebuah jenis peralatan transportasi yang sangat populer di kalangan warga negara Indonesia. Beberapa varian sepeda motor dari berbagai merek-merek terkenal juga berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan konsumen atau pasar transportasi.

Nah, dari banyaknya merek sepeda motor yang beredar di pasaran tadi, membuat konsumen lebih mudah untuk memilih jenis atau merek motor yang tepat untuk mereka. Namun, apapun pilihan motornya sebagai owner kita wajib tahu bagaimana sih cara merawat motor yang baik dan benar.

 

11 Cara Merawat Motor Yang Benar Dan Mudah berlaku bagi semua jenis sepeda motor, baik itu motor matic, beat matic injeksi, bebek kopling, sepeda motor kopling, sepeda motor injeksi, scorpio dll


Untuk merawat motor sebenarnya hal yang paling utama ialah menjaga kesehatan mesin. Hal ini berlaku bagi semua jenis sepeda motor, baik itu motor matic, beat matic injeksi, bebek kopling, sepeda motor kopling, sepeda motor injeksi, scorpio dll. Kamu diharuskan memantau dan mengontrol kesehatan mesin kendaraanmu. Hal ini dilakukan agar mesin motor memiliki umur panjang & memiliki kinerja mesin yang selalu prima.

Lantas pertanyaannya bagaimana sih tata cara merawat motor yang benar dan baik ? Pastinya kamu bertanya-tanya kan ?

Di sini Kenangan anggora merangkum beberapa tata cara sederhana dan mudah untuk menjaga motor kamu agar tidak gampang rusak dan berumur panjang pastinya. Berikut tata cara merawat sepeda motor yang benar dan mudah :


1.Rutinkan Perawatan Sehari- Hari

Rutinkanlah untuk melakukan perawatan terhadap sepeda motormu setiap harinya. Metode ini merupakan salah catu cara yang bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah kamu.

Tidak harus memulainya dari perawatan yang berat namun kamu bisa memulainya dari melakukan perawatan yang ringan seperti mengechek oli, mengecheck tekanan angin ban, mengecheck apakah rem berfungsi dengan baik, mengecheck gas, mengecheck kopling, memeriksa baterai, mengganti busi motor secara berkala dan lain sebagainya. 

Perawatan ini memang terlihat mudah dan sepele namun bisa menghindari dampak kerusakan fatal pada sepeda motor dan membuat mesin motor lebih awet. Hal ini juga bisa menghindarkan kamu dari kecelakaan saat di perjalanan dan membuat perjalanan kamu lebih terasa safety.


2.Rutinkan Memanaskan Sepeda Motor Setiap Pagi Atau Sebelum Digunakan

Setiap pagi atau sebelum menggunakan sepeda motor ada baiknya kita terlebih dahulu memanaskan sepeda motor yang akan kita gunakan. Metode ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dalam perawatan sepeda motor yang benar yang bisa kita lakukan.

Memanaskan sepeda motor sebelum menggunakan motor bertujuan agar oli dalam mesin melumasi keseluruhan mesin sehingga mesin dapat menghasilkan performa yang lebih optimal.

Untuk memanaskan mesin di sarankan menggunakan engkol ( kick starter ) saja agar starter elektrik awet dan panaskan lebih kurang 5 menitan sebelum motor dipakai untuk berkendara.

 

3.Pakai Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Motor dengan keluaran terbaru telah di desain menggunakan mesin berteknologi injeksi serta hemat bahan bakar. Agar motor dengan mesin injeksi ini memiliki performa yang terbak maka di sarankan untuk memakai bahan bakar beroktan di atas 90. Bahan bakar ini akan membuat kinerja mesin injeksi menjadi lebih sempurna & tiada menyiasakan kerak pada injector yang membuat mesin menjadi lebih awet.  

 

4.Lakukan Penggantian Oli Berkala Secara Rutin

Selanjutnya untuk merawat motor dengan benar dan baik ialah dengan melakukan pergantian minyak oli secara berkala & rutin sesuai dengan jadwal pergantian oli.

Misalkan tiap 1.000 km biasanya dianjurkan untuk melakukan pergantian oli mesin sepeda motor sementara untuk oli gardan harus di lakukan pergantian tiap mencapai 5.000 km. Namun bilamana kamu lupa ataupun tidak tahu menahu mengenai pergantian oli berdasarkan acuan jarak kilometer, maka kamu dapat melakukan pergantian oli tiap-tiap 3 bulan sekali.

Pastikan juga memakai oli yang sesuai ataupun cocok dengan jenis mesin kendaraan sepeda motor kamu.


5.Hindari Indikator Bahan Bakar Mendekati Huruf E

Hindari jarum penunjuk indikator bahan bakar mendekati huruf  E atau jangan sekali-kali kamu berkendara dalam keadaan sepeda motor hampir kehabisan bahan bakar. Jika sampai kendaraan kamu benar-benar kehabisan minyak dan sepeda motor kamu mendadak mati, hal ini akan berimbas pada mesin motormu. Apalagi pada motor matic tipe mesin dengan teknologi injeksi.

Pastinya kita tiada menginginkan hal ini bukan ? Lebih baik menghindarinya demi menjaga agar mesin motor tetap prima dan awet.

Lalu usahakan juga untuk mengisi bahan bakar penuh atau setengah penuh demi menjaga mesin dan meminimalisir pembakaran bahan bakar.


6.Rutin Mengecheck Aki Sepeda Motor

Aki merupakan komponen utama dalam sepeda motor yang berfungsi dalam kelistrikan sepeda motor. Aki berfungsi untuk mengaktifkan fitur starter elektrik dan fungsi-fungsi kelistrikan tertentu.

Bilamana aki bermasalah maka berbagai masalah pada sepeda motor yang berhubungan dengan kelistrikan akan timbul, seperti : cahaya lampu meredup, starter tak bisa di pakai & berbagai kerusakan lainnya.

Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk melakukan penggantian aki minimal setiap 7 bulan ataupun setahun sekali sesuai seberapa sering sepeda motor tersebut digunakan.


7.Jangan Menggas Secara Mendadak

Gunakan gas secara perlahan dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi. Jangan asal  melompat dari kecepatan rendah langsung ke yang tertinggi karena tindakan ini tentunya akan berdampak pada mesin terutama untuk jenis sepeda motor seperti matic yaitu pada V-belt matic.

V-belt akan cepat aus dan parahnya bisa jadi V-belt bisa tiba-tiba putus dan rusak. Oleh karenanya usahakan untuk memakai gas secara perlahan.


8.Rutin Service Ke Bengkel Resmi

Rutin melakukan kunjungan service ke bengkel resmi.  Tindakan ini di lakukan untuk melakukan pengecheckan serta perawatan dan penggantian terhadap komponen-komponen mesin motor. 

Lakukan minimal tiap 3 bulan sekali. Atau lakukan sesegera mungkin tanpa harus menunggu 3 bulan ketika kita merasa motor mengalami kerusakan atau di saat terasa tak nyaman di gunakan.

Lakukan tindakan ini secara rutin agar motor kamu awet dan tahan lama.


9.Mencuci Motor Seminggu Sekali

Saat motor kamu terlihat kotor bersihkanlah dengan mencuci motormu apalagi di saat musim hujan dan motor kamu terkena lumpur. Mencuci motor bertujuan membersihkan sisa lumpur dan air hujan yang bersifat asam yang bisa menimbulkan mesin motor karatan dan besi keropos.

Gunakan air dengan semburan kencang untuk membersihkan debu dan lumpur pada area-area yang sulit di jangkau. Setelah selesai mencuci segera keringkan motor untuk menghindari timbulnya bercak putih kemudian beri silikon agar lebih mengkilap.

 

10.Hindari Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Pastikan untuk memarkirkan sepeda motor kamu di tempat yang teduh. Karena paparan cahaya matahari langsung bisa menyebabkan cat pada body motor pudar serta kusam dan retakan pada kaca spedometer.


11.Untuk Matic Rutin Melakukan Pengecheckan V- Belt Dan Roler

V-Belt yang merupakan sparepart khusus motor matic terbuat dari bahan karet yang mana bisa rentan putus yang berakibat motor hanya berbunyi ketika di gas dan tak dapat di pakai untuk berkendara.

Karena itu di perlukan pengecekan minimal 2 minggu atau sebulan sekali terhadap kondisi V-Belt. Apabila V-belt di rasa sudah dalam kondisi yang tiada baik maka diperlukan penggantian. Di sarankan mengganti V-belt menggunakan sparepat yang sesuai dan orisinil.

 

Demikian 11 Cara Merawat Motor Yang Benar Dan Mudah. Semoga bermanfaat !

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url