Puasa Tasu'a & Asyura, Tata Cara, Niat & Keutamaan Mengerjakannya

Puasa asyura adalah puasa yang dilaksanakan tiap tanggal 10 pada bulan muharram. Puasa sunnah yang satu ini dalam islam sangat di anjurkan untuk di kerjakan. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa bulan muharram ialah salah satu dari 4 bulan yang di muliakan dalam islam serta merupakan awal bulan pada tahun hijriyah.

 

Puasa Tasu'a & Puasa Asyura, Tata Cara, Niat & Keutamaan

 

Asyurah berasal dari bahasa arab yakni asyrah yang memiliki arti sepuluh. Sesuai dengan arti namanya, ibadah puasa asyura di kerjakan tiap 10 muharram. Sementara puasa Tasu'a adalah di kerjakan setiap 9 muharram.

Dalam Hadis Riwayat Abu Hurairoh telah disebutkan bahwasanya puasa di bulan ini lebih utama di bandingkan pada bulan syaban & rasulullah sendiri sering berpuasa pada bulan ini.

Hukum berpuasa Tasua & Asyura ialah sunah yang berarti berpahala serta mendapatkan banyak keutamaan dari Allah taala apabila di kerjakan


Tata Cara Berpuasa Tasu'a & Asyura

Untuk tata cara mengerjakan puasa tasu'a & asyura sama saja dengan puasa ramadhan dan puasa lainnya yaitu sahur sebelum adzan subuh kemudian menahan hawa napsu hingga berbuka puasa lalu berbuka puasa. Yang membedakan puasa ini dengan puasa lainnya ialah niatnya.


Dan makanan & minuman untuk berbuka puasa tidak diharuskan untuk memakan makanan & meminum minuman tertentu.

 

Niat Puasa Tasu'a & Asyura

Niat Puasa Tasua'a


نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

 

Bahasa Arab : Nawaitu shauma hadzal yaumi an ada’i sunnatit Tasu‘a lillahi ta‘ala


Artinya : Aku berniat berpuasa sunah tasu’a di hari ini karena Allah Taala

 

Niat Puasa Asyura

 

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ عَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى


Bahasa Arab : Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati asyura lillahi ta‘ala


Artinya : Aku berniat berpuasa sunah asyura di hari ini karena Allah Taala

 

Keutamaan Puasa Tasua & Asyura

Berikut beberapa keutamaan berpuasa Tasua & Asyura pada bulan Muharram :


1. PuasaYang Utama Setelah Puasa Ramadhan

Puasa Tasu'a & Asyura ialah puasa yang kita lakukan pada bulan muharram. Ini membuat puasa tasu'a & puasa asyura ialah puasa yang utama untuk di kerjakan. Hal ini sangat jelas di sebutkan pada Hadis Riwayat Muslim di bawah :


" Seutama-utama salat setelah salat fardu ialah salat pada sepertiga akhir malam, & seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam "


2. Sebagai Penghapus Dosa Kita Setahun Yang Lalu

Pada Hadis Riwayat Muslim di sebutkan bahwa puasa Asyura bisa menghapus dosa hingga setahun yang lalu. Berikut hadis yang menjelaskan hal tersebut :


" Rasulullah di tanya mengenai keutamaan berpuasa Arafah. Beliau pun menjawab, puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang telah berlalu & setahun yang akan datang. Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan berpuasa Asyura. Beliau pun menjawab, puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu"

 

3. Pahala Puasa Setara Dengan Berpuasa Selama 30 Hari

Dijelaskan dalam Hadis Riwayat At Thabarani bahwa berpuasa selama sehari di bulan muharram pahala puasanya setara dengan pahala berpuasa selama 30 hari.


" Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: " Rasulullah SAW bersabda: Orang yang berpuasa pada hari Arafah maka menjadi pelebur dosa dua tahun, & orang yang berpuasa sehari di bulan Muharram maka baginya sebab puasa setiap sehari pahala 30 hari puasa "


4. Mendapatkan Pahala & Semakin Dekat Dengan Allah

Melaksanakan puasa tasu'a dan asyura akan di ganjar dengan pahala yang setimpal dan membuat diri kita semakin taat & dekat dengan Allah Taala.


5. Nikmat Kesehatan

Tak hanya di beri pahala yang besar namun berpuasa juga baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat berpuasa sendiri tentunya telah di buktikan oleh banyak riset serta penelitian.

Demikianlah artikel Puasa Tasu'a & Asyura, Tata Cara, Niat & Keutamaan Mengerjakannya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url