9 Cara Mengusir Kucing Dengan Mudah Tanpa Harus Menyiksanya

9 Cara Mengusir Kucing Dengan Mudah Tanpa Harus Menyiksanya | Banyak dari kita yang mungkin menyukai kucing namun bagi orang lain mungkin kucing adalah hewan yang sangat mengganggu. Kucing merupakan hewan yang amat mudah berkembang biak serta kucing liar sering kita temukan di sekitar tempat kita tinggal. Bagi mereka yang tidak menyukai kucing, kehadiran hewan yang satu ini di sekitar mereka adalah gangguan.

cara mengusir kucing liar dari rumah, cara mengusir kucing kampung, kucing berantem, cara mengusir kucing berak (bab) dan kencing sembarangan

Mereka membenci kucing ataupun kucing liar di karenakan kucing tersebut sering mencuri makanan milik mereka, buang kotoran sembarangan di pekarangan, kencing sembarangan, mengorek-ngorek tempat sampah, dan pada malam hari kucing-kucing tersebut sering berkelahi di atap rumah serta menimbulkan suara-suara yang mengganggu ketika orang lain sedang tertidur.

Banyak dari mereka yang mencoba berbagai cara untuk mengusir kucing dari tempat tinggal mereka. Namun tak jarang cara yang mereka gunakan tersebut adalah cara-cara yang salah yang membuat kucing tersiksa dan bahkan membunuhnya. Mereka mengusirnya dengan cara menendangnya, memukulnya dengan sapu, menyiramnya dengan air ataupun minyak panas dan yang paling parah sampai meracuninya hingga mati.

Semua orang memang berhak untuk membenci ataupun tidak menyukai sesuatu tetapi jika berurusan dengan makhluk hidup maka gunakanlah hati nurani. Mereka memang tidak mengerti bahasa manusia namun mereka memiliki perasaan dan juga bisa merasakan rasa sakit.

Boleh saja membenci makhluk hidup lain hanya saja janganlah sampai menyakitinya atau membunuhnya. Kecuali jika makhluk hidup yang kamu benci ataupun yang tidak kamu suka tersebut adalah jenis hama maka tidaklah masalah untuk membinasakannya.

Oleh karena itu di sini Kenangan Anggora akan berbagi cara mengusir kucing dari rumah dengan mudah tanpa harus menyakitinya untuk kamu yang tidak menyukai kucing.


Cara Mengusir Kucing Dengan Mudah Tanpa Harus Menyiksanya

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengusir kucing kampung ataupun kucing liar dari sekitar rumahmu :


1. Siram Dengan Air

Kucing merupakan salah satu hewan yang takut akan air. Banyak hal yang menyebabkan kenapa kucing membenci dan takut akan air. Mulai dari sejarah, air yang mengandung banyak bakteri, kucing yang bisa mencium bau zat kimia pada air, suhu badan menjadi dingin serta massa tubuh kucing menjadi terasa lebih berat akibat bulu yang basah karena terkena air dan kucing menjadi tak nyaman bergerak.

Ketika keberadaan kucing biasa ataupun kucing liar membuatmu terganggu maka kamu bisa menyiram mereka dengan menggunakan air. Cara ini efektif membuat mereka kabur pergi dari rumah atau tempatmu berada. Perlu di perhatikan bahwa untuk menyiram kucing sebaiknya menyiramnya jangan sampai membuat seluruh tubuhnya menjadi basah. Kasihan kan kalau nantinya dia jatuh sakit & mati karena demam.


2. Takut-Takuti Dengan Suara

Kucing memiliki pendengaran yang super tajam di bandingkan dengan pendengaran yang di miliki manusia. Karena itu kita bisa memanfaatkan pendengaran super tajam tersebut untuk mengusirnya.

Kamu bisa menggunakan suara ultrasonik atau suara-suara lainnya yang membuat mereka takut. Beberapa contoh suara yang membuat kucing takut antara lain suara gonggongan anjing, suara kucing berkelahi, atau suara-suara hewan buas lainnya.

Dengan menggunakan suara tersebut pastinya kucing akan menjadi takut dan menjadi waspada serta menjauh dari tempat keluarnya suara-suara tersebut.


3. Takut-Takuti Dengan Gerakan Menakutkan

Cara ini mungkin terdengar aneh namun faktanya cara ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengusir kucing liar.

Kucing biasanya menjadi sangat waspada akan hal-hal yang tak di kenalnya. Beberapa kucing peliharaan bahkan akan takut dan langsung lari ketika melihat orang lain yang tak di kenalnya bicara dan datang menghampirinya. Hal ini tentu saja berlaku juga bagi kucing liar.

Untuk mengusir kucing kamu hanya perlu melakukan gerakan seperti melompat atau menghentakkan kaki ke lantai sambil mengeluarkan suara-suara yang aneh sembari mendekatinya.

Selagi melakukan hal ini kamu harus hati-hati jangan sampai kamu melukai dirimu sendiri & kucing karena gerakan-gerakanmu tadi.

 

4. Kasih Aroma Yang Dibenci Kucing

Selain memiliki pendengaran yang super tajam, kucing juga memiliki penciuman yang super tajam juga. Oleh karena itu kucing jadi sangat sensitif akan bau-bau tertentu. Contoh beberapa bau yang sangat di benci oleh kucing antara lain bau buah lemon, bau kapur barus, bau menthol, bau alkohol, bau lada dan bau cabai yang sudah di giling atau dihaluskan.

Caranya cukup menaburkan atau menyemprotkan bau-bauan di atas ke area-area yang sering di singgahi kucing.

Pernah suatu ketika saat saya membersihkan luka di kaki saya dengan alkohol, kucing kesayangan saya datang merayu untuk meminta makanan. Saat ia hendak mengeluskan kepalanya ke tangan saya secara spontan ia terkejut dengan mata merem & ia langsung menjauh dari saya.

Saat itu saya sadar bahwa bau alkohol sangat di benci kucing & juga tertawa geli melihat tingkah si empuss yang spontan terkejut tadi.


5. Jangan Sembarangan Membuang & Meletakkan Makanan Sisa

Mungkin ada beberapa di antara kita yang sembarangan meletakkan atau membuang makanan sisa di halaman rumah kita. Bau dari makanan sisa ini tentunya akan mengundang datangnya kucing-kucing liar yang kelaparan yang berada di sekitar rumah kita.

Kemudian mereka akan berkumpul ke arah datangnya bau tersebut dan mengais-ngais tempat sampah milik kita. Tak hanya itu mereka juga akan menandai wilayah tersebut dan di kemudian hari mereka tentunya akan kembali lagi untuk mencari makanan di tempat tersebut.

Sebaiknya kita menjaga kebersihan tempat kita tinggal dan tidak meletakkan atau membuang makanan sisa sembarangan agar tidak mengundang datangnya kucing liar ke tempat kita.


6. Jangan Biasakan Memberi Kucing Liar Makanan

Memberi kucing liar makanan walaupun sedikit maka akan membuat kucing-kucing tersebut gemar berkumpul di dekatmu atau tempat di mana kamu tinggal. Pasalnya hewan yang satu ini menandai orang dari bau mereka.

Jika ia menandai bahwa kamu adalah orang baik yang memberi ia makanan maka seterusnya ia akan kembali ke tempat kamu berada. Memberi makan ke satu kucing liar mungkin bukanlah masalah tapi jikalau kamu memberi makanan ke banyak kucing sekaligus maka ke esokan harinya pastinya mereka semua akan kembali lagi.

Bagi pecinta kucing hal ini adalah hal biasa dan tentunya mereka akan senang dengan kehadiran mereka. Namun bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan kucing maka tentunya hal ini akan menggangu kamu.


7. Usir Dengan Sapu Lidi

Sapu lidi selain untuk menyapu halaman ternyata bisa juga di gunakan untuk mengusir kucing. Cara mengusirnya tentunya bukan dengan memukulnya dengan sapu lidi karena hal ini bisa menyakitinya dan membuatnya terluka.

Kamu hanya pelu memukul-mukul sapu lidi dengan kuat di dekat si kucing sambil mengeluarkan suara mengusir seperti "hush hush" dan suara - suara lainnya. Kucing yang mendengar suara pukulan sapu lidi tersebut akan terkejut dan menjadi takut kemudian ia akan pergi menjauh darimu.


8. Tanaman & Obat Pengusir Kucing

Beberapa tanaman ternyata bisa membuat kucing enggan berada di sekitarnya. Beberapa jenis tanaman yang baunya sangat tidak di sukai kucing antara lain : rue, penny royal, lavender & bunga coleus canina.

Tak hanya di benci kucing tanaman ini juga ternyata di benci oleh anjing serta beberapa hewan lainnya. Kamu dapat menanam tanaman ini di area rumahmu agar kucing menjauh dari rumahmu atau kamu bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan menggunakan obat pengusir kucing.

Obat ini berbentuk butiran dan banyak di jual di pasaran. Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya kamu memperhatikan apakah obat tersebut terbuat dari kimia atau organik. Pilihlah jenis organik karena produk ini lebih aman di gunakan & pastinya ramah akan lingkungan. Cara menggunakannya cukup di tabur ke area yang sering di singgahi kucing.


9. Pastikan Tempat Tinggalmu Tidak Bisa Di Masuki Kucing Dengan Mudah

Jika kamu tidak menyukai kucing berada di sekitarmu maka cara yang satu ini bisa kamu lakukan. Kamu bisa sebisa mungkin membuat akses ke rumahmu sulit untuk di masuki kucing. Kamu bisa menutup sela-sela pagar rumahmu dengan kawat untuk kandang ayam atau menggunakan kayu.

Jika setelah di tutup dan ternyata si kucing tetap bisa masuk ke rumahmu lewat atap maka kamu juga perlu menutup jalan masuk kucing di atap tersebut. Namun sebelum menutupnya pastikan tidak ada kucing yang diam di sana, karena kasihan jikalau nantinya ia terkurung kelaparan dan mati akibat kita lalai.


Penutup

Beberapa di antara kita ada yang yang menyukai kucing dan ada pula yang membencinya. Jika kita tidak menyukai kucing dan menganggap keberadaannya adalah gangguan bagi kita maka kita tak perlu menyakitinya dengan mengusirnya dengan cara yang bisa melukainya seperti menyiramnya dengan air panas & minyak, melemparnya dengan batu atau memukulnya dengan sapu.

Cukup menggunakan 9 cara di atas. Cara di atas juga bisa di gunakan untuk mengusir kucing biasa, kucing liar, kucing kampung, kucing di flapon atau atap rumah, kucing berkelahi atau berantem dan untuk mengusir kucing agar tidak berak ( BAB ) dan kencing sembarangan.

Demikian artikel 9 Cara Mengusir Kucing Dengan Mudah Tanpa Harus Menyiksanya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url