Cukup Minum Air Putih Setiap Hari & Rasakan 10 Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Meminum air putih adalah sebuah cara melengkapi kebutuhan tubuh. Selain untuk melepas rasa dahaga, kita juga meminum air demi melengkapi kebutuhan cairan supaya terhindar dari de-hidrasi. Dalam sehari sangat di anjurkan meminum minimal 8 gelas air mineral. Hal ini dikarekanan tubuh manusia setiap harinya akan mengeluarkan cairan kisaran 2500 CC, sebanding dengan 8-11 gelas. Cairan tersebut adalah cairan yang keluar dari urin, hidung, proses metabolisme, ekskresi atau dari keringat.

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Oleh karena itu minumlah air mineral secukupnya setiap hari & jangan minum terlalu berlebihan agar tubuh kita bisa menjalankan tugasnya secara maksimal. Ditambah kita pun mendapatkan berbagai manfaat kesehatan bila minum air putih secukupnya. Apa sajakah manfaat air putih bagi kita? Simak penjelasannya dibawah ini :

 

Suhu Tubuh Terjaga

Pernahkah ketika kamu mengerjakan suatu aktivitas yang sangat berat atau berada di lingkungan dengan suhu udara yang panas lalu kemudian kamu berkeringat. Keringat berfungsi untuk menjaga tubuh kamu supaya tubuh tetap dingin. Namun karena banyaknya cairan tubuh keluar karena berkeringat maka suhu tubuh kembali meningkat jika tak segera menggantikan cairan yang telah dikeluarkan tadi. Di sinilah manfaat air putih membuat suhu tubuh tetap stabil.

 

Baik Bagi Kulit

Kulit sama seperti tubuh terdiri dari banyak cairan. Mengkonsumsi cukup air putih menghindarkan kita dari kurangnya cairan atau de-hidrasi. Tubuh yang mengalami kurang cairan akan berefek juga pada kesehatan kulit. Efeknya yaitu kulit menjadi kering dan keriputan.

 

Mencegah & Meringankan Sakit Pada Kepala

De-hidrasi merupakan salah satu penyebab dari sakit kepala. Pernyataan ini berdasarkan hasil sebuah penelitian yang mana membuktikan bahwa sakit pada kepala dan migran ternyata bisa juga karena disebabkan dehidrasi. Penelitian lainnya juga membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi air putih secara cukup setiap harinya mampu mencegah & meringankan sakit kepala.

 

Menjaga Kesehatan Ginjal

Air putih terbukti mampu membantu menjaga kesehatan ginjal & memaksimalkan kerja organ satu ini. Urin yang terbentuk di ginjal akan dilarutkan oleh air mineral menuju keluar tubuh. Dengan minum air putih secukupnya dapat membuat proses pembuangan sampah ini menjadi lancar sehingga mencegah terbentuknya batu pada ginjal ( batu ginjal ).

 

Menurunkan Berat Tubuh

Air juga bisa membantu melancarkan proses pencernaan pada tubuh. Jika proses pencernaan lancar maka makanan akan diproses dengan cepat sehingga sisa sampah didalam tubuh tidak menumpuk. Air juga membantu proses pengeluaran ekskresi agar gampang dikeluarkan dari tubuh. Jika kamu mengalami kesulitan buang air besar maka sangat dianjurkan bagi kamu untuk banyak minum air putih dan makan makanan yang mengandung banyak serat.

 

Mempermudah Penyerapan Vitamin Serta Nutrisi

Air juga berfungsi mempermudah proses penyerapan zat-zat seperti vitamin maupun zat nutrisi lainnya. Saat proses pemecahan, ia memisahkan vitamin serta nutrisi yang lainnya untuk dikirim ke seluruh bagian-bagian tubuh.

 

Menghindari De-hidrasi

De-hidrasi adalah gangguan pada tubuh karena diakibatkan kurang-nya cairan. Untuk mencegah terjadinya de-hidrasi pada tubuh, kita harus meminum air mineral dengan cukup. Meski terlihat remeh, de-hidrasi sendiri mampu memicu munculnya penyakit ringan seperti sakit kepala, kejang-kejang hingga penyakit golongan berat seperti gangguan pada ginjal dan batu ginjal yang amat mengganggu bagi tubuh.

 

Menguatkan Sendi & Otot

Minum air mineral secukupnya juga mampu menguatkan otot & sendi. Dengan otot dan sendi yang menguat maka tubuh tidak akan kaku & cepat lelah saat melakukan aktivititas yang menuntut tubuh untuk banyak bergerak.

 

Menjaga Fokus

Kurangnya cairan tubuh mampu membuat kita kehilangan fokus serta konsentrasi. Hilangnya fokus dan konsentrasi karena disebabkan terganggunya fungsi otak kita saat tubuh mengalami kekurangan cairan. Berkurangnya fokus saat tengah aktif bekerja tentu saja akan mengganggu produktivitas kita.

Untuk menghindari terganggunya fungsi otak yang menyebabkan berkurangnya fokus serta konsentrasi sangat disarankan untuk meminum 8 gelas air dalam sehari.

Tubuh kekurangan cairan biasa ditandai dengan rasa haus dan urin yang keluar dari tubuh lebih keruh, sakit kepala bibir kering serta badan terasa sangat lemas. Untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan.


  • Biasakan minum segelas air putih tiap kali kita makan. Dan saat jajan diluar, biasakan juga meminum air putih bukan minum-minuman jenis soda ataupun beralkohol.


  • Sediakan air di dalam botol untuk dibawa saat kerja ataupun saat keluar rumah agar kita lebih mudah menjaga kebutuhan mineral harian.


Saat kamu merasa bahwa kamu mengalami beberapa tanda dehidrasi seperti lemas, sangat haus, sakit kepala,bibir kering kurang fokus dan gejala-gejala dehidrasi lainnya. Sebaiknya kamu segera minum air secukupnya untuk menghilang dehidrasi dan menjaga agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi serta menjaga tubuh agar tetap sehat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url