Cara Mengatasi HP Bootloop Dengan Mudah & Tanpa PC

Pernahkah kamu melihat sebuah hp bersistem android yang ketika di hidupkan dia selalu berhenti di logo ? Jika pernah, maka kamu telah melihat smartphone yang mengalami bootloop. Mengapa kerusakan bootloop ini terjadi ? Kerusakan ini terjadi karena smartphone tidak bisa mengakses sistem operasi pada smartphone yang menyebabkan smartphone terus berusaha agar bisa terus mengakses sistem operasi tersebut. Hal ini menyebabkan smartphone terus berada pada loading logo android.

Cara Mengatasi HP Bootloop Dengan Mudah & Tanpa PC


Bagaimana Cara Mencegah Smartphone agar Tidak Bootlop

Pada umumnya bootloop sering terjadi pada smartphone dikarenakan beberapa hal. Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan hp menjadi bootlop :


Memory Internal Terlalu Penuh

Hal ini ditandai dengan sering munculnya notifikasi ruang memory handphone hampir penuh. Jika notifikasi ini muncul maka jangan diabaikan karena jika diabaikan maka kelak smartphone kamu akan bootloop atau bahkan mati total. Untuk mengatasinya cukup dengan menghapus aplikasi atau data yang tidak diperlukan pada handphone milik kamu hingga ruang memory menjadi sangat lega ( notifikasi tidak mucul lagi )


Bermain Game Terlalu Lama

Untuk pecinta game bermain game dalam waktu lama adalah hal yang biasa namun menyebabkan beberapa dampak negatif bagi handphone. Dampak-dampak negatif tersebut tersebut antara lain baterai cepat soak, layar sentuh handphone gerak sendiri, lcd hp blank atau rusak, bootlop bahkan yang paling parah hp bisa mati total. Apalagi jika bermain game sambil mencharging handphone akan mempercepat handphone menjadi rusak. 

 

Sering Menginstal & Menghapus Aplikasi & Game

Mungkin kamu berpikir sering menginstal & menghapus game tidak mungkin akan menyebabkan hp bootlop. Namun kenyataannya hal ini akan mempercepat memory internal hp mengalami bad sector atau yang paling parah adalah emmc rusak. Kerusakan yang ringan pada emmc mungkin hanya akan menyebabkan bootlop tapi yang terparah bisa jadi hp menjadi mati.


Sering Mendownload File Dengan Ukuran Besar

Sama halnya dengan sering menginstal dan menghapus aplikasi & game, sering mendownload file ataupun data yang berukuran terlalu besar dapat menyebabkan emmc lemah & pada akhirnya hp menjadi bootlop


Membiarkan Baterai Habis Total & Mencharging Baterai Semalaman

Membiarkan daya baterai hingga 0 persen dan mencharge hp sampai semalaman dapat merusak baterai ataupun membuat short pada board baterai. Akibatnya saat hp kita hidupkan hp akan hidup kemudian hanya sampai logo kemudian mati lalu hidup lagi hingga ke logo lagi. Bootlop ini akan terus terjadi karena kerusakan pada baterai handphone.

Untuk mengatasi masalah bootlop ini sebagai pengguna kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi hp bootloop tanpa pc di bawah ini. Cara dibawah ini bisa mengatasi bootlop pada asus, oppo, vivo, samsung & smartphone lainnya.


Mulai Ulang ( Restart ) HP Kamu

Matikan handphone kamu kemudian cabut semua sim serta memorycard yang terpasang di hp. Jika hp kamu bukan jenis hp dengan baterai tanam (baterai tidak bisa dicabut pasang ) , maka cabut juga baterainya. Lalu diamkan hpmu hingga beberapa saat, maksimal sih 10 menit saja. Setelah menunggu hingga beberapa menitan kamu bisa memasang kembali semuanya dan coba hidupkan hp milik kamu.  Jika kerusakan bootlop pada hpmu adalah kerusakan ringan maka setelah dihidupkan hp milik kamu akan normal kembali. Jika setelah melakukan cara ini hp masih tetap bootlop maka lakukan langkah selanjutnya.

 

Hapus Cache Dari Recovery

Jika kamu ingin mengatasi permasalahan bootlop pada smartphone kamu dengan resiko kehilangan data maka kamu dapat melakukan Wipe cahe melalui mode recovery hpmu. Caranya kamu harus masuk dahulu ke recovery lalu lanjut memilih Wipe cache partition kemudian tekan pilihan yes. Untuk tiap merk smartphone biasanya memiliki cara berbeda agar dapat memasuki mode recovery. Cara agar dapat masuk  mode recovery smartphone milikmu, kamu dapat mencari caranya dengan searching di internet.

 

Wipe Data ( Factory Reset )

Cara berikut ini bisa dapat di gunakan ketika kedua cara di atas gagal mengatasi permasalahan bootlop pada hp milikmu. Dengan melakukannya berarti kamu telah bersedia kehilangan seluruh data di hpmu. Cara melakukan factory reset hampir sama dengan wipe cache seperti cara di atas yaitu dengan memasuki mode recovery & memilih wipe data. Setelah selesai restart hpmu dan lihat apakah cara ini berhasil.

 

Bawa Ke Service HP Terdekat

Jika kamu sangat menyayangi hpmu dan tidak ingin menggantinya dengan yang baru maka sebaiknya kamu mendatangi Service hp terdekat. Cara ini adalah langkah terakhir untuk menyelamatkan hp milikmu dan cara ini tingkat keberhasilannya tinggi hanya saja kamu akan mengeluarkan uang lebih.

Semoga dengan membaca artikel Cara Mengatasi HP Bootloop Dengan Mudah & Tanpa PC kamu dapat mengatasi kerusakan bottlop yang terjadi pada handphone kamu & kamu bisa menggunakannya dengan normal seperti biasanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url