Cara Menambahkan Website Kita Pada Bing Webmaster Tools

Nah disini saya akan kasih tahu cara menambahkan website kita yang menggunakan wordpress pada Bing Webmaster Tools. Tapi sebelum masuk ke pembahasan ada baiknya kamu mengetahui apa sih fungsi Bing Webmaster Tools itu??

Cara Menambahkan Website Kita Pada Bing Webmaster Tools


Fungsi Bing Webmater Tools

Bing Webmaster Tools fungsinya adalah sebagai berikut :


Submit Sitemap Website

Dengan men-submit sitemap kita pada Bing Webmaster Tools maka secara otomatis url baru dari artikel kita akan secara otomatis terindex dalam Bing search engine. Sitemap berfungsi seperti kumpulan alamat url yang terdaftar pada sebuah website. Bagi Bing Webmaster Tools sitemap berfungsi untuk mengetahui url lama dan terbaru pada website kita. Namun hal itu hanya bisa berfungsi jika kita telah submit sitemap kita. Setelah kita submit sitemap website kita maka secara otomatis url terbaru akan terinspeksi dan terindeks dengan sendirinya.


Menghapus Index Bing

Ada kalanya saat kita menghapus artikel di website kita namun pada pencarian, artikel tersebut masih muncul dan menyebabkan page not found atau halaman tidak di temukan. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat menghapus indexnya pada search engine dengan menggunakan Bing Webmaster Tools. Setelah di hapus nantinya halaman tersebut akan selamanya hilang dari pencarian.

 

Mengidentifikasi Performa & Mengatur Konfigurasi Website

Bing Webmaster Tools dapat digunakan oleh kita sebagai webmaster untuk mengetahui performa dari website yang kita kelola serta mengkonfigurasinya. Dengan adanya tool ini kita sebagai pemilik website bisa mengetahui melalui menu Report & Data, keyword apa yang paling populer, melihat jumlah trafik, mengetahui Internal serta eksternal link bahkan backlink. Pada menu Configure My Site kita dapat melakukan submit sitemap, disavow backlink, deeplink dan fungsi lainnya.

 

Submit URL

Saat kita memiliki sebuah artikel yang baru saja di publish di sebuah website namun artikel kita tersebut sangat lama terindex pada search engine. Kita dapat menggunakan fitur submit url pada Bing Webmaster Tools Untuk melakukan inspeksi pada url artikel terbaru tersebut agar cepat terindex di search engine.

Bukankah sudah ada sitemap yang dapat mengindex url secara otomatis? memang benar namun terkadang sitemap bisa saja mengalami error sehingga tidak dapat melakukan index url secara otomatis. Jika demikian maka salah satu solusinya hanyalah submit url secara manual agar artikel baru bisa terindex dengan cepat.


Mengetahui Internal dan Eksternal Link

Dengan menggunakan fungsi link pada Bing Webmaster Tools kita bisa mengetahui link internal dan eksternal yang mengarah ke website kita dan juga backlink yang menuju website kita. Fitur ini juga dapat membantu kita untuk menolak backlink buruk yang masuk ke website. Karena spam backlink dapat memiliki dampak negatif pada website kita.

Contoh dampak negatif backlink buruk dapat berupa pinalty, sandbox ataupun deindex yang dilakukan google pada pemilik link. Dengan adanya fungsi menolak link atau disavow link maka website kita akan terlindungi dari backlink berkualitas buruk.


Cara Menambahkan Website Kita Pada Bing Webmaster Tools

Untuk menambahkan site kita pada Bing Webmaster Tools kamu dapat mengikuti step by stepnya yang akan saya jelaskan di bawah ini :

 

  • Pertama pastikan kamu sudah mendaftar di Bing Webmaster Tools. Jika belum mendaftar silahkan daftar di sini.

  • Silahkan isi sesuai permintaan pada kolomnya.

Halaman Awal Pendaftaran Bing Webmaster Tools


  • Masukkan url site kamu kemudian klik ADD. Disini saya memasukkan url site saya yaitu sarangkutu.com.

Add Site Bing Webmaster Tools


  • Verifikasi ownership dengan menggunakan metode < meta > tag. Copy kan code yang ada dalam kotak merah kemudian pastekan ke website kamu untuk melakukan verifikasi dengan metode < meta > tag.

Verifikasi Ownership Bing Webmaster Tools

 

  • Masuk ke Wordpress kamu kemudian pilih Appearance/tampilan, lanjut memilih Theme Editor. Pada Theme File pilih Header.Php kemudian pastekan kode yang tadinya sudah kita copy ke atas < / head > seperti gambar di bawah ini.

Kode Bing Pada Thema Editor

 

  • Setelah kode tersebut telah dimasukkan ke dalam Header.php kemudian kembali ke halaman website BING kemudian tinggal klik Verify.

Klik Verify Untuk Verifikasi Web


Setelah Terverifikasi maka kamu akan di bawa menuju dashboard. Sekarang Site kamu sudah terdaftar pada Bing Webmaster Tools.

Dashboard Bing Webmaster Tools

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url