Apakah Makanan Kering Kucing Bisa Basi ? Ini Jawabnya !

Kucing juga membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, inilah mengapa kita sebagai pemilik yang baik wajib untuk memenihi kebutuhan pangan kucing. Ada dua jenis makanan yang biasa kita berikan ke kucing peliharaan kesayangan kita.

 

Apakah Makanan Kering Kucing Bisa Basi


Yaitu makanan basah dan makanan kering. Kita tahu bahwa yang namanya makanan basah termasuk makanan basah kusus kucing akan mudah basi atau rusak jikalau kemasan makanan telah di buka dan makanan di biarkan tersisa tak di makan habis oleh kucing.

Lalu apakah hal yang serupa juga terjadi pada makanan kering kucing ? Apakah makanan ini bisa basi bila mana makanan tak di sentuh sama sekali atau di biarkan begitu saja tanpa di makan oleh kucing setelah kemasan makanan di buka ?

Pastinya kita ingin tahu apa jawaban atas pertanyaan ini. Nah untuk mengetahuinya maka sobat Anggora wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Apakah Makanan Kering Kucing Bisa Basi ?

Makanan kering sering kali di jadikan makanan oleh kita pecinta kucing di bandingkan makanan basah. Mungkin alasannya karena makanan ini tak basah dan tak begitu sulit sama sekali untuk di sajikan ke kucing.

Bukan cuma itu saja, makanan ini pun tak akan terlalu mengotori wadah makanan kucing dan kita  bisa dengan mudah membersihkannya. Makanan kering kucing juga bisa di simpan dengan mudah dan merupakan makanan bergizi bagi kucing.

Alasan lainnya pemberian makanan kucing kering sebagai makanan utama untuk kucing adalah karena kesibukan pemiliknya yang punya kerjaan rumah tangga yang padat atau pemilik sibuk bekerja di luar rumah sehingga mereka butuh makanan kucing yang instan serta mudah diberikan ke kucing

Apapun alasannya yang terpenting adalah kita telah memenuhi kewajiban kita dalam memberi makan kucing dan menyediakan makanan yang sehat untuknya. Oh iya banyak dari kita yang mungkin punya pertanyaan seperti "Apakah makanan kucing yang jenis makanan kering bisa rusak atau basi".

Lalu apa jawabannya ? Jawabnnya adalah makanan kucing kering bisa rusak atau basi. Makanan kering kucing yang juga kita kenal dengan sebutan kible ini juga bisa rusak atau basi. Meskipun makanan ini cukup kering dan bisa tahan lama karena sedikit mengandung air namun ia tetap memiliki batas ketahanannya sendiri.

Makanan kering kucing yang kemasannya belum di buka umumnya memiliki masa ketahanan hingga 1 tahunan atau masa ketahanan produknya sebelum rusak atau basi adalah sampai batas waktu tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan produk makanan kucing.

Ketika makanan ini telah melewati masa kadaluarsanya maka makanan ini tak di sarankan lagi di berikan ke kucing sebagai pangan utama kucing. Kenapa ? Ini karena makanan bisa menyebabkan resiko masalah pencernaan pada kucing seperti diare atau sembelit dan yang terparah adalah resiko keracunan.

Lebih baik menghindari pemberian makanan kadaluarsa di bandingkan melihat kucing menderita akibat kelalalaian kita. Lalu bagaimana dengan makanan kucing kering yang bungkus kemasan produknya telah di buka ?

Apakah ketahanannya sama saja dengan makanan kemasan yang belum di buka bungkusnya ? Daya tahan kedua makanan jelas berbeda. Makanan yang di buka bungkusnya menurut Anggora daya tahan terbaiknya hanyalah sebulanan.

Selanjutnya makanan ini kualitasnya dan nilai gizinya akan terus menurun dan bisa saja makanan menjadi berjamur. Penyebabnya adalah karena makanan sudah bersentuhan dengan udara yang membuat kualitas dan nilai gizi makanan terus menurun seiring berjalannya waktu.

Meskipun kita telah menutup bungkus kemasan kembali tetap saja akan ada angin yang masuk ke dalam kemasan setelah kita bungkus Untuk menghilangkan angin secara total dari dalam kemasan ketika kita menutupnya dengan karet, toples dan sejenisnya maka kita membutuhkan alat khusus tertentu. Tentu saja ini merepotkan dan terbilang kurang kerjaan bagi kita jika kita melakukannya.

Oleh karena itu saat kamu membeli makanan khusus kucing, sebaiknya beli makanan sesuai kebutuhan kucing dan perkirakan bahwa makanan ini akan habis dalam jangka waktu satu bulanan. Jangan membeli makanan kucing terlalu berlebihan dan sesuai kebutuhan kamu saja.

Jika kamu bersikeras untuk menyimpan persediaan makanan kucing untuk beberapa bulan kedepan, sebaiknya jangan buka bungkus kemasan agar makanan tahan sampai masa kadaluarsanya telah tiba.

 

Bagaimana Cara Menyimpan Makanan Kering Agar Tak Mudah Rusak Atau Basi ?

Walaupun makanan kucing tegolong makanan tahan lama dan tak mudah rusak tetap saja kita membutuhkan tips tertentu supaya makanan kucing tahan lama ketika di simpan. Untuk menyimpan makanan kucing lakukan beberapa cara berikut :

  • Simpan makanan dalam wadah kedap udara atau bungkus makanan dengan rapat agar tak ada udara yang masuk ke dalamnya

  • Pastikan untuk meletakkan mkanan di tempat yang kering serta sejuk

  • Jangan mencampurkan makanan kering yang lama dengan makanan kering yang masih baru

  • Kalau kamu ingin menyimpan makanan dalam jumlah banyak di rumah maka sebaiknya jangan buka kemasan sebelum makanan ini kamu gunakan

  • Selalu perhatikan tanggal kadaluarsa makanan di saat kamu menyimpan makanan


Lalukan beberapa cara di atas bilamana kamu ingin meyimpan makanan ini. Beberapa cara di atas dapat menjaga makanan kucing agar bertahan lama.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah makanan kering kucing bisa rusak atau basi. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url