6 Cara Membantu Kucing Mengeluarkan Hairball

Cara Membantu Kucing Mengeluarkan Hairball | Dalam seminggu sekali biasanya kucing akan memuntahkan bola bulu atau haiball keluar dari mulutnya. Hal ini normal terjadi pada sobat bulu kesayangan kita.


Cara Membantu Kucing Mengeluarkan Hairball
Foto Ilustrasi Bola Bulu Kucing   Shutterstock.com

 

Muntah bola bulu biasanya lebih sering terjadi atau tampak pada kucing ras yang memiliki bulu yang amat panjang dan tebal. Meskipun sering terjadi pada kucing ras, muntah bulu juga dapat kita temukan pada jenis kucing kampung juga kucing mixdome ( kucing campuran ).

Muntah bulu pada kucing adalah hal yang normal dan wajib di lakukan oleh kucing. Sebab jika dalam seminggu kucing tak memuntahkan hairball ( bola bulu ), kemungkinan besar ada yang salah kucing peliharaan.

Tak hanya itu saja kucing yang tak menegluarkan bola bulu sekali seminggu beresiko mengalami gangguan pencernaan juga pernapasan. Jika permasalahan kucing muntah bulu ini di biarkan dan tak segera di tangani maka nyawa anabul kesayangan kita pun bisa menjadi taruhannya.

Jika kucing tak dapat muntah bulu apa yang sebaiknya kita lakukan untuknya ? Cara yang dapat kita lakukan adalah membantu kucing memuntahkan bola bulu dari dalam tubuhnya. Lalu bagaimanakah cara melakukannya ? Simak penjelasan Anggora sampai akhir ya Good Readers untuk mengetahuinya.


Ciri Atau Gejala Kucing Tak Dapat Muntah Bulu ( Hairball )

Kita tentunya tak dapat begitu saja menyimpulkan apakah kucing tak bisa mengeluarkan hairballnya. Perlu bagi kita untuk melihat ciri atau gejala tertentu pada kucing agar kita dapat memastikan bahwa kucing kesayangan kita benar-benar bermasalah dengan hairball.

Untuk mengetahui apakah kucing peliharaan kita benar mengalami masalah dengan hairbal, kamu dapat melihat apakah ada ciri atau gejala di bawah ini pada kucing kamu. Ciri atau gejalanya antara lain :

  • Kucing sering mau muntah dan tersedak

  • Kucing seringkali terlihat seolah mau muntah 

  • Kucing mengalami diare 

  • Kucing terlihat lemas

  • Nafsu makan kucing turun bahkan hilang

  • Kucing sulit buang air besar ( sembelit )

  • Ketika kucing muntah tak ada gumpalan bulu yang keluar dari mulut

  • Ketika kucing terlihat batuk tapi tak ada gumpalan bulu terlihat keluar

  • Untuk kasus parah, kucing tak bisa buang air besar sama sekali

 

Bila kamu menemukan minimal 5-6 ciri di atas pada kucing kamu maka dapat di pastikan kucing kamu punya masalah dengan hairball.

Toksoplasma merupakan salah satu penyakit yang berbahaya pada kucing. Baca penjelasan selengkapnya dengan mengklik di sini


Bagaimana Cara Membantu Kucing Mengeluarkan Hairball Dari Tubuhnya ?

Agar bulu dalam kucing tak menumpuk dan menyebabkan masalah gangguan kesehatan pada kucing maka mau tak mau kita mesti membantu kucing untuk mengeluarkan tumpukan bulu ( hairball ) dalam tubuhnya.

Untuk membantu mengeluarkan bulu hairball dalam tubuh kucing, kamu dapat mencoba menggunakan cara di bawah ini :

1. Gunakan Produk Yang Baik Untuk Bulu Kucing

Cara pertama ini lebih ke arah mengurangi hairball tetapi juga berpengaruh  untuk memudahkan proses muntah bulu pada kucing. Ini karena bulu kucing yang terawat dan kuat menyebabkan resiko bulu tertelan saat kucing menjilati tubuhnya semakin sedikit.

Akibatnya bulu dalam tubuh yang tertelan semakin sedikit dan proses muntah bulu atau hairball pada kucing semakin mudah. Produk yang baik untuk perawatan bulu kucing dapat kamu temukan dengan mudah di petshop.

Produk-produk ini dapat berupa makanan basah atau kering, vitamin, shampoo kucing dan lain sebagainya.


2. Menggunakan Vaselin

Cara kedua untuk membantu kucing memuntahkan bola bulu adalah dengan menggunakan vaselin. Kamu dapat menggunakan 2,5 ml vaselin. Di sini kita akan menggunakan Vaselin sebagai obat pencahar.

Penggunaan cukup dengan mengolehkan minyak ke bagian yang sering di jilati kucing atau kamu bisa hanya mengoleskan minyak ke kaki depan kucing. Olesi sedikit saja agar kucing tak mengibasnya dan minyak tak terbuang percuma dan bercucuran di lantai.

Baca juga cara memberi nature pada kucing di sini


3. Menggunakan Obat Khusus Hairball

Cara ketiga untuk membantu kucing mengeluarkan bola bulu atau hairball dari perutnya adalah dengan menggunakan obat khusus hairball yang banyak di jual di pasaran ataupun petshop. Obat ini biasanya di jual dengan harga terjangkau yakni mulai dari 20 ribuan.

Obat hairball sendiri ada yang berupa pasta, cairan ataupun minyak. Penggunaan obat ini dapat mempermudah kucing untuk memuntahkan bola bulu, menghilangkan sembelit ataupun diare akibat bola bulu. Juga punya fungsi lain seperti penambah nafsu makan dan penggemuk kucing.

Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan obat ini ke anggota tubuh kucing yang sering kali di jilati oleh kucing. Seperti mengoleskan di ujung kaki, sendi, badan kucing atau ekor kucing.

Gunakan obat ini dua kali sehari selama 4-6 hari hingga hairball kucing benar-benar hilang. Oh iya obat ini juga memiliki pilihan rasa ikan yang di sukai oleh kucing loh.

 

4. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara ke empat adalah menggunakan minyak zaitun. Tuangkan  1 ml zaitun ke makanan kucing.  Campurkan minyak zaitun ke dalam makanan basah ( wet food ) agar bau minyak zaitun tersamarkan dan kucing dapat dengan mudah menghabiskan seluruh makanan yang telah tercampur zaitun.

Sama dengan vaselin, minyak zaitun berfungsi sebagai pencahar untuk mencerna bulu kucing. Lakukan cara ini setiap 2 minggu sekali atau minimal sekali dalam sebulan.

Bahayakah bulu kucing ? Simak penjelasan lengkapnya dengan mengklik di sini.


5. Menggunakan Labu

Labu adalah salah satu sayuran yang tinggi akan serat dan tentunya akan mempermudah kucing mencerna bulu kucing. Agar labu mudah di makan kucing, kamu dapat mencampurkannya dengan makanan kucing basah atau mencampurnya dengan ikan rebus.

Labu yang di beri ke kucing mestilah labu yang sudah di rebus hingga matang, juga tak di rebus menggunakan tambahan bumbu. Untuk takaran campuran labu ke makanan kucing, kamu dapat menggunakan 2 sendok makan labu yang sudah di haluskan atau takaran di sesuaikan sesuai selera.


6. Gunakan Makanan Kucing Yang Bisa Mengendalikan Hairball

Sama dengan cara pertama, cara ke enam ini juga akan memudahkan kucing muntah bulu dengan cara mengendalikan jumlah bulu yang tertelan. Belilah produk makanan kucing yang di belakang kemasannya terdapat tulisan manfaat mengendalikan bola bulu.

Menurut anggora sendiri produk makanan kucing ini mampu mengendalikan bola bulu sebab kadar kandungan serat yang tinggi, tinggi protein yang membuat bulu kucing kuat tak mudah rontok dan juga omega 3 yang baik untuk bulu kucing.

Untuk produk makanan kucing yang di gunakan tak harus mahal kok, kamu juga dapat menggunakan produk makanan kucing yang terjangkau dan berkualitas seperti makanan kucing Bolt dan Felibite.

Review makanan kucing Bolt dan Felibite dapat kamu lihat di sini dan di sini.

 

Bagaimana Cara Mencegah Hairball Pada Kucing ?

Cara mencegah hairball pada kucing sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu menerapkan beberapa cara di bawah ini :

  • Memotong bulu kucing secara teratur

  • Rajin menyisir bulu kucing

  • Beri makanan yang berkhasiat untuk mengurangi hairball

  • Gunakan produk khusus yang mampu mengendalikan hairball pada kucing

  • Beri vitamin dan makanan yang dapat memperindah, mengurangi rontok dan memperkuat bulu kucing

  • Buat kucing aktif bergerak dengan memberikan mainan yang dia suka


Kapan Kita Harus Membawa Kucing Ke Dokter Hewan ?

Ketika cara di atas kita anggap tak mampu menyelesaikan masalah hair ball pada kucing serta pada kucing kita melihat bahwa hairball menimbulkan masalah gangguan kesehatan yang serius. Di saat inilah kita di sarankan untuk segera membawa kucing kesayangan berobat ke dokter hewan.

Beberapa gejala serius yang umumnya terjadi pada kucing yang mengalami masalah dengan hairball antara lain :

  • Nafsu makan kucing hilang akibat merasa sakit dan tak nyaman dengan tubuhnya

  • Kucing kelihatan lesu dan kelihatan tak berenergi

  • Kucing tampak mau muntah tapi tak mau muntah bola bulu. Ini pertanda kucing mengalami masalah penyumbatan saluran pencernaan makanan akibat hairball.

  • Perut kucing menjadi sangat keras. Ini berarti ada penyumbatan akibat hairball yang serius pada tubuh kucing.

Ketika di bawa ke dokter hewan. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik kemudian di lanjutkan dengan tes diagnosis, tes darah. Dokter juga akan melakukan rontgen dan tes ultra sound. Jika kucing mengalami masalah hairbal ringan biasanya dokter akan memberikan obat pencahar.

Tapi jika di rasa masalah hairball ini terlalu serius maka dokter akan menyarankan agar si kucing di rawat inap di klinik. Bahkan ada kemungkinan kucing yang mengalami penyumbatan serius di karenakan hairball harus segera di operasi.

Depresi tak hanya ada pada manusia juga pada kucing. Baca 10 sebab depresi pada kucing dengan mengklik di sini.

Nah itulah cara mudah untuk membantu kucing mengeluarkan hairball dari dalam tubuhnya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mengatasi kucing sulit muntah hairball dan mengetahui bagaimana cara mencegah sekaligus mengatasinya.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url