close

Kucing Gak Mau Makan Apa Penyebabnya ?

Kucing Gak Mau Makan Apa Penyebabnya ? | Kucing merupakan hewan yang sangat periang, aktif, lucu juga amat menggemaskan. Namun apa jadinya jika kucing gak mau makan. Hal ini tentunya akan menyebabkan perubahan drastis pada kucing, seperti kucing yang tadinya riang dan gemuk akhirnya menjadi pemalas dan tubuhnya semakin menyusut.


Kucing Gak Mau Makan Apa Penyebabnya
Ilustrasi Kucing Gak Mau Makan Apa Penyebabnya


Sebagai majikan yang baik, kita pastinya tak ingin hal ini terjadi. Karenanya kita perlu menambah sedikit ilmu perkucingan  ^_^ agar jika hal ini di masa depan terjadi, kita bisa sigap mencari tahu penyebabnya dan segera mengatasinya.

 

Kucing Gak Mau Makan Apa Penyebabnya

Pada artikel kali ini Anggora akan berbagi sedikit informasi mengenai penyebab kucing gak mau makan atau malas makan. Berikut 7 penyebab umum kucing gak mau makan, kehilangan nafsu makan ataupun malas makan :

 

1. Depresi

Dikala kucing stress ataupun tekanan mental biasanya mereka malas dan gak mau makan. Perihal ini pula di tandai dengan berubahnya perilakunya serta dia jadi kerap menjauhi kita. Bila kucing kalian mengalami stress hendaknya kalian bawa ke dokter hewan supaya dapat segera ditangani.

 

2. Pengaruh Cuaca

Dikala cuaca panas berganti jadi dingin membuat kucing jadi malas beraktifitas serta lebih banyak tertidur. Perihal ini tidak cuma berlaku untuk kucing liar tetapi pula pada kucing rumahan. Di karenakan pengaruh dari menyusutnya sinar matahari serta perubahan hawa yang menjadi sangat dingin yang menimbulkan kucing jadi lebih banyak tidur di kala hujan maupun musim dingin.

 

3. Obesitas( Kegemukan)

Perihal yang lain yang membuat kucing gak mau makan yakni sebab obesitas ataupun kegemukan. Selaku majikan hendaknya kita lebih mencermati konsumsi nutrisi kucing peliharaan kita. Berikanlah santapan kucing yang besar protein serta berilah makan seperlunya, jangan memberi makanan dengan proporsi yag terlalu besar yang menimbulkan kucing jadi sangat gendut.

Berikan pula sang kucing mainan supaya dia lebih aktif bergerak. Karena kucing yang kurang bergerak dapat membuat sang kucing terserang efek kegemukan.

 

4. Mengirit Tenaga

Kucing tetap hewan yang mempunyai naluri predator meski dia sudah jadi hewan peliharaan kita. Mereka gak mau makan dan hanya tidur buat mengirit tenaga supaya mereka dapat lebih aktif berlari, memanjat, menjajaki dan menerkam musuh mereka.


5. Aspek Umur

Kucing yang berusia tua umumnya lebih kerap tidur di bandingkan yang masih muda. Kucing tua dapat menghabiskan 17- 20 jam buat tidur. Mereka memanglah kerap tidur tetapi mereka senantiasa ingin makan serta aktif bergerak.

Bila kucing kalian yang telah berusia lanjut lebih kerap tidur namun malas makan serta tidak sering bergerak bisa jadi saja dia terserang penyakit. Hendaknya lekas konsultasi ke dokter terdekat di tempatmu supaya dia lekas di beri obat.


6. Terserang Penyakit

Kucing yang terserang penyakit pastilah tidak akan nafsu makan sebab dia merasa badannya tidak dalam kondisi yang baik. Kucing yang sakit pun cenderung lebih malas makan ataupun gak mau makan sama sekali.

Mencret, mata banyak kotoran, mata bengkak, hidung ingusan, napas tersengal sengal, mulut menghitam serta bau, muntah- muntah, kerap tidur serta gak mau makan merupakan indikasi umum bahwa kucing terserang penyakit.

Penyakit ini dapat di sebabkan oleh cacing, virus maupun kuman. Dikala kucing sakit hendaknya lekas membawanya ke dokter hewan terdekat supaya dia lekas sembuh dan meminimalkan resiko kematian.


7. Keracunan

Keracunan dapat membuat kucing malas makan atau gak mau makan sama sekali. Pemicunya mungkin saat ia bermain-main di luar rumah ia memakan tumbuhan serta serangga. Kucing yang keracunan seringkali mengalami diare, muntah, sesak napas, gusi nampak pucat. Tetapi karakteristik yang sangat utama atas keracunan berdasar pengalaman Anggora yakni mulut kucing mengeluarkan banyak cairan serta lama- kelamaan mulutnya menjadi menghitam serta bau.


Buat menanggulangi keracunan umumnya Anggora akan memberi kucing susu sapi steril semacam bearbrand, air kelapa ataupun madu. Beri susu setiap sejam sekali. Pakai spet ( suntikan) supaya gampang memberikannya ke kucing. Tetapi bila kalian memiliki dana lebih hendaknya lekas membawa ke dokter hewan terdekat buat tingkatkan jaminan kesembuhannya.

 

8. Kucing Sedang Birahi

Kucing yang sedang dalam masa kawin biasanya cenderung jarang makan atau malas makan. Hal ini disebabkan kucing sedang dalam puncak birahinya sehingga kucing hanya mengutamakan keinginannya untuk melakukan perkawinan dengan kucing lainnya.

Saat masa birahi kucing jantan akan kerap keluyuran keluar rumah, sering mengeong, melakukan spraying , hobi berantam dan jarang pulang kerumah. Perilaku yang sama akan di lakukan oleh kucing betina juga. Tetapi dalam kasus kucing betina, kucing hanya akan berkelahi dengan kucing lainnya jika ia merasa kucing tersebut memasuki wilayah kekuasaannya.


9. Kucing Sakit Mulut Atau Tenggorokan

Penyebab lainnya mengapa kucing ga mau makan yakni adanya sakit pada mulut serta tenggorokan. Biasanya ini di sebabkan karena mulut dan tenggorokan terluka karena terkena duri atau tulang. Sakit di mulut dan tenggorokan bisa juga di sebabkan adanya bakteri atau virus yang menginfeksi mulut yang membuat bagian dalam mulut dan tenggorokan meradang.

Selain beberapa penyebab diatas, sariawan juga bisa membuat kucing malas makan akibat rasa sakit saat kucing menelan makanan melewati mulutnya.


Penutup

Dikala kucing berganti sikap dari riang jadi pendiam, dari aktif jadi lebih kerap tidur serta dari rakus makan jadi tidak ingin makan sama sekali bisa jadi di sebabkan oleh sebagian pemicu seperti yang di jelaskan di atas. Bila nyatanya pemicu kucing gak mau makan adalah sebab karena terserang penyakit maka hendaknya lekas bawa kucing kita ke dokter hewan terdekat untuk dapat segera di obati.


Demikian artikel Kucing Gak Mau Makan Apa Penyebabnya ?. Mudah- mudahan Berguna untuk kalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url