5 Penyebab Kenapa Kucing Muntah Darah

Kenapa Kucing Muntah Darah, Berikut Penyebabnya ! | Sama halnya dengan manusia, kucing jua rentan terhadap bermacam penyakit yang menyerang tubuh. Salah satunya yakni muntah darah. Terdapat banyak sekali sebab pemicu hematemesis pada kucing. Mulai dari terkena racun atau akibat menderita penyakit tertentu.


Kenapa Kucing Muntah Darah, Berikut Penyebabnya !


Selaku majikan mungkin ada saat dimana kita menatap hewan peliharaan kita sedang memuntahkan bola bulu atau hairbal. Atau mungkin ia memuntahkan makanannya. Sesungguhnya perihal ini wajar- wajar saja, tetapi lain halnya bila kucing mendadak memuntahkan darah.

Keadaan ini janganlah sampai kita abaikan, sebab bisa jadi hal ini adalah indikasi bahwa hewan peliharaan kita sedang sakit. Terlebih lagi bilamana muntah darah tersebut tak berhenti hingga 3 harian lebih.

 

Kenapa Kucing Muntah Darah, Berikut Penyebabnya !

Muntah darah pada kucing disebut hematemesis, merupakan tanda adanya masalah pencernaan ataupun pendarahan dalam tubuh. Tetapi kenapa kucing muntah darah atau hematemesis. Berikut ini penjelasannya.


Penyebab Kucing Muntah Darah ( Hematemesis )

Muntah darah ataupun hematemes pada kucing dapat di sebabkan oleh bermacam aspek pemicu, antara lain :

1. Keracunan

Keracunan merupakan salah satu pemicu utama hematemesis ataupun muntah darah pada kucing. Biasanya hal ini terjadi ketika kucing kesayangan kita tak sengaja menelan obat racun tikus yang terdapat di sekitar rumah kita tinggal. Dampaknya, pencernaan kucing menjadi terluka dan mengakibatkan muntah darah.

Selain menelan racun tikus, muntah darah juga bisa terjadi akibat kucing memakan tumbuhan yang baru di semprot pestisida atau terpapar zat beresiko dari logam berat semacam besi  dan timbal serta gigitan ular. 

 

2. Peradangan Parasit

Selain keracunan, muntah darah atau hematemesis pada kucing juga akibat dari infeksi parasit. Infeksi ini biasanya di sebablam cacing gelang ( heart worm ) dan cacing jantung ( heart worm ). Jika kucing terinfeksi dua jenis cacing di atas maka ia akan kekurangan nafsu makan dan menjadi sangat kurus. Parasit ini biasanya di sebarkan ke kucing oleh nyamuk lewat gigitannya.

 

3. Menelan Benda Asing

Kadang kala kucing akan mencoba sesuatu hal karena rasa ingin tahunya. Termasuk menelan benda asing yang bukan makanan. Hal ini lah yang sering kali menjadi penyebab kucing mengalami muntah darah. Hal ini mungkin saja melukai organ pencernaan yakni usus serta lambung. 

Tak hanya itu, jika kucing tak sengaja menelan benda tajam semacam duri maka bisa jadi akan menyebabkan pendarahan internal dalam tubuh kucing. Jika hal ini terjdi maka segeralah bawa ke dokter terdekat agar kucing bisa di rawat dan dioperasi.

 

4. Penyakit Gastrointestinal Ulcers

Gastrointestinal ulcers merupakan jenis penyakit yang memunculkan selaput lendir pada perut ataupun tenggorokan kucing. Apalagi, penyakit ini suatu pertanda bahwa kucing mempunyai tumor di badannya. Tidak cuma muntah darah, salah satu indikasi khas yang muncul karna penyakit ini ialah pup kucing berdarah

 

5. Peradangan Feline Panleukopenia Virus ( FPV)

Muntah darah pada kucing jua dapat diakibatkan oleh peradangan virus FPV. Virus ini adalah virus penyebab penyakit panleukopenia kucing. Virus ini pula menimbulkan enteritis, diare sampai muntah darah. Peradangan virus ini biasanya terjadi pada kucing yang berumur kurang dari 1 tahun. Bakal tapi. Peradangan FPV bisa terjadi pada kucing yang telah divaksinasi ataupun tidak.

 

Apa Yang Di lakukan Ketika Kucing Muntah Darah ?

Saat kucing muntah darah maka hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu penyebab utamanya. Contohnya, jika yang di muntahkan adalah darah berwarna merah terang tandanya darah tersebut berasal dari tenggorokan ataupun usus.

Sedangkan bila darah yang dimuntahkan berupa semacam bubuk, berasal dari lambung. Setelah tahu penyebab utamanya maka segera bersihkan kucing dari darah dan segera membawanya ke dokter hewan untuk menjalani pemeriksaan, perawatan dan pengobatan. Tetapi, dokter bisa saja melakukan operasi bila muntah darah diakibatkan karna menelan barang tajam.

 

Kesimpulan

Jadi jika kucing kesayangan kita mengalami yang namanya muntah darah atau hematemesis maka segeralah membawanya ke dokter hewan, Karena hal ini berdasarkan pengalaman Anggora merupakan gangguan kesehatan yang sulit untuk kita obati secara mandiri di rumah.

Demikian artikel Kenapa Kucing Muntah Darah, Berikut Penyebabnya !. Semoga Bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url