close

Apa Itu Insecure & Overthinking, Contoh Dan Cara Mengatasi Kondisi Ini

Apa Itu Insecure & Overthinking, Contoh Dan Cara Mengatasi Kondisi Ini  | Bagi kaum remaja kata insecure ataupun overthinking bukanlah hal asing lagi. Namun walaupun demikian, banyak dari mereka ataupun kita yang mungkin tidak paham apa sih arti dari insecure ataupun overthinking itu ? Dan apa saja sih contohnya.

Arti insecure itu sendiri ialah sebuah perasaan tidak nyaman & tidak aman yang tiap orang pernah rasakan dalam hidupnya. Insecure sendiri dapat membuat seseorang merasa takut, malu, gelisah,cemas & kehilangan rasa percaya dirinya.

 

Apa Itu Insecure & Overthinking Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari Serta Solusinya


Perasaan ini bisa di picu dari dalam diri ataupun luar diri. Faktor dari dalam biasanya di karenakan seringnya membandingkan diri terhadap orang lain & rasa kesepian. Sementara faktor luar biasanya di akibatkan perlakuan remeh & overprotektif dari orang lain atau orang terdekat kita.

Insecure ini sendiri dapat di alami oleh para remaja yang memiliki kekurangan dalam hidupnya. Akibatnya orang yang mengalami insecure akan terhambat aktivitasnya karena berkurangnya kepercayaan diri.

Contoh insecure dalam kehidupan nyata yaitu saat ada seseorang yang melihat temannya lebih tampan, kaya daripada ia hingga ia merasa insecure bergaul dengannya. Akibatnya ia akan membatasi diri untuk bergaul dengannya.

Atau contoh lainnya yaitu insecure dalam hubungan yang berarti kamu tidak nyaman atau tidak aman dalam menjalani hubungan asmara tersebut akibatnya sering terjadi perkelahian di antara kalian.

Insecure tak hanya terjadi dalam aspek pergaulan & percintaan namun bisa saja terjadi dalam berbagai aspek kehidupan yang lainnya. Hal ini tergantung dari kondisi mental orang yang mengalami. Apalagi di situasi musibah pandemi saat ini yang memungkinkan kondisi insecure menghampiri diri siapa saja.

Tetapi jangan khawatir karena mengalami insecure adalah suatu hal yang normal & hal yang bisa terjadi pada siapa saja terutama pada kaum remaja. Namun apabila berlebihan tentu saja insecure akan menyebabkan gangguan mental berupa overthinking pada diri seseorang.

Overthinking ialah sebuah kondisi di mana seseorang terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu. Pikiran yang berlebihan tentunya akan membuat kehidupan seseorang menjadi lebih sulit & rumit dalam menghadapi sesuatu ataupun menyelesaikan suatu masalah.

Hal ini akan membuat seseorang cenderung tertutup, & mengalami masalah gangguan emosional seperti mudah marah, menangis, dsb. Dan bahkan bisa menyebabkan hal buruk lainnya seperti gangguan kejiwaaan.

Insecure & overthinking mungkin bagi sebagian orang adalah sifat alay yang biasa pada masa remaja namun sebenarnya hal ini sungguhlah salah di karenakan setiap orang memiliki karakter dan kondisi emosi yang berbeda. Apabila  seorang remaja terus berada dalam kondisi insecure & overthinking yang berlebihan di khawatirkan akan mengganggu kesehatan fisik & kondisi mentalnya.

Untuk mengatasi kondisi yang berlebihan ini maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan atau ikhtiarkan. Adapun cara-caranya sebagai berikut :

 

1.Banyak Beribadah

Dengan beribadah kepada yang maha kuasa maka kamu akan mendapatkan ketenangan hati & juga petunjuk jalan keluar dari segala masalahmu.


2. Selalu Bersyukur Atas Apa Yang Kita Miliki

Menanam sifat selalu bersyukur membuat diri puas atas apa yang di miliki & tak mudah iri hati ataupun dengki atas kelebihan atau keistimewaan orang lain yang tak ada pada diri kita. 


3. Berpikir Positif Untuk Menghindari Pikiran Negatif

Usahakan untuk selalu berpikir tenang & postif dalam situasi apapun karena tindakan ini akan secara otomatis membuat kamu menyingkirkan pikiran negatif dari dalam pikiranmu.


4. Selalu Berikan Motivasi Pada Dirimu Sendiri

Saat kamu dalam keadaan tertekan atau mengalami masalah ada baiknya kamu untuk memotivasi dirimu agar tidak menyerah & yakin bahwa kamu bisa menyelesaikan masalahmu atau menjadi seperti yang kamu inginkan jika kamu berusaha keras.

 

5. Sibukkan Dirimu

Menyibukkan diri merupakan salah satu cara yang terbukti efektif untuk mengatasi insecure atau overthinking. Kamu bisa melakukan aktivitas apapun yang menurutmu bermanfaat atau aktivitas yang membuat kamu bahagia seperti menonton, menyanyi olahraga atau bahkan bermain game.

Dengan melakukan 5 cara di atas mungkin bisa mengatasi kondisi insecure & overthinking yang berlebihan bagi para remaja. Dan membuat mereka menemukan bahwa kehidupan tidaklah buruk & bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan ini.

 

Demikian artikel Apa Itu Insecure & Overthinking, Contoh Dan Cara Mengatasi Kondisi Ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url