close

Mengenal Apa Itu Tanaman Porang, Ciri-Ciri, Manfaat Dan Harga Jualnya

Mengenal Apa Itu Tanaman Porang, Ciri-Ciri, Manfaat Dan Harga Jualnya | Beberapa hari yang lalu tanaman yang satu ini viral dan menyedot perhatian banyak orang akibat larangan dari presiden Jokowi untuk mengekspor porang dalam bentuk umbi. Pak jokowi menekankan bahwa tanaman ini nantinya akan menjadi komoditas ekspor andalan indonesia. Sebenarnya tanaman porang bukan hanya kali ini saja menarik banyak perhatian namun dahulu pada tahun 2019 tanaman ini sempat menjadi bahan perbincangan setelah beberapa petani porang mendapatkan untung yang besar dari penjualan porang.


Tanaman Porang, Ciri-Ciri, Manfaat Dan Harga Jualnya


Apa Itu Tanaman Porang ?

Tanaman porang ialah tanaman umbi yang merupakan bagian dari family Aracacea dan masih satu marga dengan bunga bangkai. Dalam bahasa latin Porang dinamakan amorphophallus muelleri sementara bunga bangkai dinamakan Amorphophallus titanum, dari penamaan ini terlihat jelas bahwa tanaman porang dan tanaman bunga bangkai masihlah satu marga.

Dahulu di masa penjajahan, bangsa jepang kerap memerintahkan rakyat Indonesia untuk mencari tanaman porang. Tanaman ini di gunakan Jepang untuk bahan makanan dan industri.


Ciri-Ciri Tanaman Porang

Tanaman porang memiliki daun yang lebar berujung runcing. Daunnya berwarna hijau muda serta memiliki kulit batang yang halus berwarna belang putih hijau. Di permukaan umbi tidak ada bintil dan berserat halus. Di setiap sisi cabang & ketiak daun terdapat bubil. Di beberapa daerah di Indonesia tanaman porang di kenal dengan berbagai nama yakni atturbung, borang dll.

 

Manfaat Tanaman Porang

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya tanaman porang itu buat apa & apa saja manfaatnya. Tanaman porang memiliki kandungan glucomanan serta kalsium yang tinggi. Hal ini menyebabakan tanaman ini bisa di gunakan untuk kebutuhan konsumsi. Selain itu tanaman porang bisa juga di olah  menjadi tepung, tepung glukomanan, pakan ternak, pembentuk jel.

Di Jepang & China tepung porang ini di gunakan sebagai bagian pembuatan tahu serta mie yang amat terkenal di negara tersebut. Porang juga dimanfaatkan sebagai penstabil suhu es krim.

Tanaman porang juga dapat di gunakan sebagai bahan pembuat lem organik & dapat juga di gunakan sebagai penjernih air. Tak hanya itu kandungan zat dalam tanaman porang juga di gunakan sebagai bahan pembuat komponen pesawat terbang.


Berapa Lama Menanam Tanaman Porang Agar Panen ?

Untuk tanaman porang ini sendiri membutuhkan waktu sekitar 1,2 - 2 tahun agar bisa memanen tanaman ini. Walaupun waktu panennya lama namun biaya yang di butuhkan untuk perawatan tanaman tergolong murah dan tata cara perawatan tanaman ini juga terbilang mudah.


Berapa Harga Jual Tanaman Porang Per 1Kg ?

Untuk saat ini tanaman porang di jual seharga Rp5.000 - Rp10.000. Menurut Prof Dr Edi Santosa S.P M.Si, Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) bahwa harga tinggi ini hanyalah akibat euforia sesaat saja.


Nama Tanaman Porang Di Berbagai Daerah

Tanaman Porang di Sumatera utara di sebut Atturbung

Tanaman Porang di Riau di sebut Porang


Tanaman Sejenis Atau Mirip Porang Namun Bukan Tanaman Porang

Berikut beberapa tanaman yang mirip tanaman porang namun bukanlah tanaman porang karena tidak memiliki ciri-ciri tertentu :

1. Iles - iles

Tidak memiliki katak seperti pada tanaman porang.


2. Walur

Pohonnya kasar sangat berbeda dengan pada tanaman porang yang pohonnya halus & tidak memiliki daun tipis.

 

3. Suweg

Menyerupai walur dengan umbinya yang berserat.

 

4. Blodor

Pohonnya hampir mirip dengan walur namun lebih tinggi serta lebih kasar dan dapat tumbuh sebesar pohon pepaya.


Setelah membaca artikel di atas tentunya kamu tertarik untuk membudidayakan tanaman porang. Demikian artikel Mengenal Apa Itu Tanaman Porang, Ciri-Ciri, Manfaat Dan Harga Jualnya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url