Cara Menambahkan Website Kita Pada Google Search Console ( Wordpress )

Sebelum masuk ke pembahasan cara menambahkan website kita di search console ada baiknya kita mengetahui sekilas mengenai Search Console. Gooogle Search Console memungkinkan kita tahu keyword populer, kinerja website kita baik itu di diperangkat desktop & mobile, eksternal & internal link,disavow link, trafik website dsb.

 

Search Console sendiri ialah sebuah tool yang sangat penting untuk admin web atau webmaster. GSC ini dapat di gunakan gratis untuk membantu web master dalam mengoptimalkan websitenya pada mesin pencari.

Daftar Agen Pulsa dan PPOB Gratis Di Sini.


Kegunaan Search Console

Submit Sitemap Website

Dengan men-submit sitemap kita di Search Console maka artikel kita akan secara otomatis terindex dalam google search engine. Sitemap sendiri ibarat sebuah buku. Buku ini terdiri dari kumpulan alamat url yang berada di sebuah website. Search Console membutuhkan sitemap agar bisa mengetahui url lama & terbaru di website kita. Namun hal itu hanya bisa berfungsi jika kita telah melakukan submit sitemap ke GSC ( Sarch Console ). Sesudah kita submit sitemap maka otomatis tiap-tiap url, baik itu baru maupun lama akan terinspeksi serta terindeks dengan sendirinya. 

 

Menghapus Url Yang Telah Terindex Di Google

Ada kalanya saat kita menghapus artikel di website kita namun pada pencarian, artikel tersebut masih muncul dan menyebabkan page not found atau halaman tidak di temukan. Untuk mengatasinya kita dapat menghapus indexnya pada search engine melalui Google Console Search. Apabila telah di hapus nantinya url halaman yang bermasalah akan selamanya hilang dari pencarian.

 

Mengetahui Kinerja Sebuah Website

Sebagai seorang webmaster kita dapat mengetahui kinerja web yang kita kelola. Adanya tool ini membuat kita sebagai pemilik web dapat mengetahui keyword populer di web kita, memantau trafik, informasi tautan Internal serta eksternal bahkan backlink dan melakukan disavow backlink, serta masih banyak kegunaan lainnya.

 

Menginspeksi URL

Saat kita memiliki sebuah artikel yang baru saja di publish di sebuah website namun artikel kita tersebut sangat lama terindex pada search engine. Kita dapat menggunakan fitur inspeksi untuk melakukan inspeksi pada url artikel terbaru & meminta pengindeksan manual agar terindex secara cepat pada search engine.

Bukankah sudah ada sitemap yang dapat mengindex secara otomatis tiap-tiap url? memang benar namun kadang kala sitemap bisa saja error & tidak mampu mengindex secara otomatis. Jika demikian maka salah satu solusinya hanyalah menginpeksi url secara manual agar artikel terbaru terindex secara cepat.

 

Mengetahui Tautan Internal & Eksternal

Kita dapat menggunakan fungsi link di Search Console untuk mengetahui link/tautan internal dan eksternal yang mengarah ke web kita & backlink yang mana menuju web kita. Fitur ini bisa membantu kita menolak backlink buruk yang mengarah masuk ke web. Karena spam backlink jelek bisa memiliki dampak negatif pada website kita.

Contoh dampak negatif backlink jelek dapat berupa pinalty, sandbox ataupun deindex oleh google pada pemilik link. Dengan adanya fungsi menolak link atau disavow link maka website kita akan terlindungi dari backlink berkualitas buruk.

 


Cara Praktis Menambahkan Website Kita Pada Google Search console

Nah disini saya akan kasih tahu cara praktis menambahkan website kita yang menggunakan wordpress pada google search console. Caranya yakni menggunakan akun google analytics kita. Bagi kamu yang belum paham cara mendaftar dan memasukkan google analytics pada website kamu bisa baca Cara Mendaftar Di Google Analytics Dengan Mudah dan Cara Mudah Menambahkan Google Analitycs Ke Wordpress Dengan Mudah.

 

  • Pertama pastikan kamu sudah mendaftar di Google Analytics.
  • Kedua pastikan kamu sudah menghubungkan website kamu ke akun google analytics kamu.
  • Pastikan kamu menggunakan plugin Yoast Seo. Kamu dapat menggunakan plugin SEO lainnya asal pada plugin tersebut ada pilihan untuk menghubungkan website kamu ke Google Search Console.
  • Masuk ke wordpress kamu pilih SEO kemudian pilih tab Webmaster Tool kemudian klik link google search console seperti gambar di bawah ini.
Cara Menambahkan Website Kita Pada Google Search Console


  • Pilih Tab Recommended Method kemudian klik Verify. Pastikan kamu sudah memiliki akun google analytics dan sudah menghubungkan webite kamu dengan google analytics. Jika kamu belum memiliki akun dan belum menghungkan website kamu dengan google analytics maka bisa di pastikan cara ini akan gagal.
Cara Menambahkan Website Kita Pada Google Search Console
  • Jika kamu sudah mengklik Verify maka website kamu sudah terdaftar di google search console. Maka kini kamu bisa menggunakan fungsi google search console.
Cara Menambahkan Website Kita Pada Google Search Console
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url