close

8 Cara Menghemat Gaji Bulanan ! Terbukti Ampuh !

8 Cara Menghemat Gaji Bulanan ! Terbukti Ampuh ! | Gajian merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh semua pekerja. Setelah mereka bekerja dan berusaha keras pada akhirnya mereka mendapatkan hasil jerih payahnya. Saat melihat rekening pribadi yang jumlah nominal saldonya telah bertambah semua rasa letih seolah hilang di gantikan dengan kesenangan dalam hati.

cara menghemat gaji bulanan kecil, 1 juta, 2 juta, 3 juta, 4 juta

Namun sesaat setelah dompet terisi, selang hanya beberapa minggu seluruh gaji yang di terima seolah raib entah kemana. Yang tersisa hanyalah beberapa lembar uang untuk dihemat sampai bulan depan dan tiada yang tersisa untuk di tabung. Mungkin beberapa dari kita pernah mengalami hal serupa seperti yang saya sebutkan barusan.

Nah untuk mengantisipasi hal ini kenangan anggora punya cara menghemat gaji bulanan yang terbukti ampuh.  Penasaran kan ? Simak caranya di bawah ini :

 

1. Catatlah Uang Yang Telah Kamu Keluarkan Setelah Gajian Bulan Lalu

Cara ini merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan demi bisa menghemat gaji bulananmu. Dengan mencatat uang yang kamu keluarkan pada bulan yang lalu, kamu dapat melihat beberapa hal berikut :

  • Kemana saja sih uang yang telah kamu telah keluarkan ?

  • Apakah uang yang kamu keluarkan tepat sasaran alias bukan dikeluarkan secara boros

  • Dimana saja kamu menghabiskan uangmu ?

  • Dengan siapa kamu menghabiskan uangmu ?

Dengan mencatat semua pengeluaran secara rinci, kamu bisa merencanakan pengeluaran yang lebih baik di bulan depan, yang mana hal ini dapat membuat kamu mampu menghemat gaji bulananmu.


2. Jangan Membawa Banyak Uang Di Dompet

Jikalau kamu hendak bepergian usahakan jangan membawa uang tunai terlalu banyak di dalam dompet kamu, bawalah uang secukupnya saja. Dengan melakukan ini maka sesaat kamu berada di luar & kamu tertarik pada sebuah produk & berniat untuk membelinya maka kamu akan berpikir dua kali dikarenakan jumlah uang di dompet kamu tidaklah mencukupi.

Dengan begitu keinginan untuk menghabiskan uang untuk hal-hal yang di rasa tak terlalu penting akan tertahan sekaligus menghemat gaji bulananmu. Seperti kata pepatah sekali mengayuh dua tiga pula terlampui, Uang sedikit, nafsu terkontrol gajipun terhemat.

 

3. Perhatikan Dengan Siapa Kamu Berteman

Ada sebuah pepatah yang berkata temanmu adalah cerminan dirimu. Pepatah ini 100% ialah benar. Jika kamu selalu berteman dengan orang-orang yang mempunyai hobi ataupun gaya hidup yang boros maka mau tak mau kamu akan terikut & menjadi boros seperti mereka. 

Contohnya kamu punya beberapa teman akrab yang hobi jajan di luar maka setiap kali ia mengajak kamu maka mau tak mau kamu mesti ikut agar mereka tak mengucilkanmu dalam kelompok mereka serta tak menjauhimu. Dan secara sadar maupun tak sadar kamupun akan terikut untuk jajan di luaran.

Namun bukan berarti saya melarang kamu berteman dengan mereka tetapi saya menyarankan bertemanlah secukupnya saja dengan mereka. Dengan begitu kamu bisa menjaga hubungan baik dengan mereka serta tak perlu takut terkena pengaruh buruk mereka.

Dengan memperhatikan dengan siapa kamu berteman maka kamu bisa lebih menghemat uang gajimu.

 

4. Utamakan Uangmu Untuk Kebutuhan Utama

Pakailah gajimu hanya untuk kebutuhan yang lebih utama saja seperti kebutuhan pokok. Jangan banyak menghabiskan uang gajimu dengan berbelanja kebutuhan yang tak terlalu penting seperti membeli banyak baju, sepatu ataupun tas serta benda-benda lainnya yang tak begitu penting setiap bulannya.

Dengan memakai uang gajimu dengan bijak maka kamu bisa menghemat uangmu untuk ditabung atau di simpan untuk kebutuhan darurat atau mendadak ( contohnya : santunan kemalangan, biaya berobat, biaya persalinanan dsb ).


5. Atur Kebutuhan Sekundermu

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan ke dua setelah kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder sendiri bersifat seperti sebuah penyempurna. Misalkan kamu sudah memiliki sebuah sepatu untuk kerja maka kamu berniat untuk menambah sepatu kerjamu agar lebih bervariasi & lebih cocok di kombinasikan dengan seragam lain.

Sepatu kedua inilah yang di sebut kebutuhan sekunder. Kebutuhan ini tak harus di penuhi karena bukan kebutuhan pokok sebab kamu masih memiliki sepatu kerja yang masih bagus serta masih bisa di pakai. Saya tidak melarang kamu membeli dua, tiga atau bahkan lebih banyak sepatu. Hanya saja kamu harus mengatur kapankah saat yang tepat untuk membeli kebutuhan sekunder. Apakah setiap 2 bulan sekali ataukah 3 bulan sekali, hal ini tergantung pilihanmu sendiri dalam mengatur jenis kebutuhan ini.


6. Sisakan sebagian uangmu untuk di tabung

Di awal kamu menerima gajimu, bagilah jumlah uang yang akan kamu tabung dengan uang yang akan kamu habiskan untuk kebutuhanmu selama sebulan. mungkin kamu bertanya mengapa harus membaginya di awal bulan bukan di akhir bulan ? Membagi uang di awal bulan bertujuan agar kamu bisa lebih leluasa membagi uangmu.

Jikalau kamu membagi uangmu di akhir bulan bisa saja kamu menghabiskan uangmu secara boros karena kamu mengira bahwa di rekening milikmu masih tersisa banyak uang. Soalnya ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri serta berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang mengalami kesulitan menabung. Kami berpikir bahwa menyisakan uang untuk di tabung bisa di lakukan nanti saja.

Sehingga pada akhirnya kami tidak jadi menabung karena uang gaji tersebut telah habis di gunakan untuk kepentingan lain.


7. Batasi Pengeluaran Harian

Demi menghemat gajimu kamu bisa meminimalisir pengeluaran dengan membatasi jumlah uang yang di keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari. Aturlah pengeluaran harianmu dengan begitu kamu bisa mencegah dirimu untuk tidak boros & tidak terlalu sering jajan di luaran. Hal ini juga membantumu untuk dapat hidup sehat sebab dengan ini kamu jadi tidak terlalu sering jajan sembarangan ketika berada di luar rumah.

Untuk kamu yang telah berkeluarga kamu dapat meminta bantuan istrimu untuk mengatur kebutuhan harian keluargamu serta mengatur jumlah uang jajan harianmu ketika  kamu pergi bekerja atau bergaul dengan teman kerja maupun teman di luar kerja. Dengan melakukan hal ini, kamu tak hanya bisa menghemat gajimu namun kamu juga bisa meningkatkan hubungan yang mesra dengan istrimu serta membiasakan diri bermusyawarah demi mencapai tujuan tertentu dalam kehidupan berkeluarga.

 

8. Gunakan Uangmu Untuk Masa Depan

Jika setelah menerapkan 7 cara di atas namun kamu masih merasa bahwa kamu belum berhasil menghemat gaji bulananmu maka cara yang satu ini bisa kamu lakukan & terbukti sangat efektif menurut saya. Caranya yaitu dengan membeli rumah secara kredit atau membuka tabungan deposito dalam jangka waktu panjang.

Jika kamu belum memiliki rumah maka kamu bisa membeli rumah ataupun tanah secara kredit namun apabila kamu sudah memiliki rumah & tanah maka alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah membuka deposito dalam jangka waktu panjang misalnya 5 tahun & seterusnya, atau membeli emas.

Dengan membeli rumah dengan dp rendah secara kredit maupun membeli tanah secara kredit maka kamu akan di paksa untuk membayarnya setiap bulannya. Hal ini lebih baik di bandingkan kamu menghabiskan uangmu pada hal-hal lain yang tak begitu penting. Menurut saya hal ini termasuk jenis penghematan sekaligus persiapan untuk masa depan kita sendiri. Tetapi sebelum melakukan ini pastikan kamu memikirkannya dengan matang dahulu serta berpikir apakah kamu mampu membayar kredit bulanannya.

Jika kamu merasa gajimu tak cukup untuk membeli rumah maka kamu bisa melakukan alternatif lainnya yakni membuka deposito dalam jangka waktu lama atau membeli emas. Dengan membuka deposito kamu bisa mendapat keuntungan 3% - 4% pertahunnya serta kamu tidak bisa menariknya sesuka hatimu karena jikalau kamu bersikeras untuk menariknya di luar jangka waktu maka akan di bebankan biaya penarikan.

Membeli emas juga bisa di hitung sebagai cara menghemat gaji serta sebagai sarana investasi. Karena setiap tahunnya harga emas cenderung naik sehingga bisa di bilang membeli emas merupakan sebuah investasi yang menguntungkan.

 

Penutup

Dengan menghemat gaji maka kamu dapat menggunakan sebagian dari gajimu untuk kebutuhan lain seperti, kebutuhan mendadak, tabungan masa depan, tabungan anak dsb. Cara - cara di atas bisa dilakukan sebagai cara untuk menghemat gaji kecil, gaji 1 juta, 2 juta, 3 juta, 4 juta bahkan gaji bulanan berapapun. Namun cara di atas tidaklah akan berhasil jikalau tak ada kesungguhan pada diri kita sendiri. Karena apapun tujuannya tetaplah membutuhkan niat serta kesungguhan.

Demikian artikel 8 Cara Menghemat Gaji Bulanan ! Terbukti Ampuh ! Semoga artikel ini memberikan solusi serta manfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url