close

Pengertian Sitemap Dan Fungsinya

Sitemap adalah sebuah halaman yang memiliki format xml yang berisi kumpulan daftar url postingan / konten yang telah kita publish dalam sebuah website serta berisi meta data tentang data update terakhir dan seberapa sering sebuah website memperbaharui postingan atau kontennya.

Tapi menurut saya sih secara sederhana bisa dibilang sitemap adalah sebuah halaman yang merangkum seluruh url pada sebuah website.

Pengertian Sitemap Dan Fungsinya

 

Sitemap sangat diperlukan dalam proses indeks oleh mesin pencari. Dengan adanya sitemap, mesin pencari seperti Google, Yandex, Bing, Baidu dan lainnya akan lebih mudah dalam melaksanakan tugasnya untuk mengindeks sebuah url konten terbaru. Hal ini akan menyebabkan konten yang baru saja kita buat lebih cepat terindeks di mesin pencari.

Sitemap juga penting dalam memaksimalkan SEO ( Search Engine Optimization ). Dengan mensubmit sitemap kita pada search engine maka konten terbaru kita akan lebih mudah terindeks. Lebih cepat konten kita terindeks maka semakin mudah orang lain menemukan website kita pada mesin pencari, tidak hanya itu bahkan bisa saja website kita menjadi top page dalam mesin pencarian.

 

Fungsi Sitemap Sebuah Website

Beberapa fungsi sitemap lainnya yang perlu kita ketahui yaitu:


Sumber Perayapan Mesin Pencari

Proses perayapan dimulai dengan daftar alamat web dari aktivitas perayapan sebelumnya dan sitemap yang telah di daftarkan webmaster. Saat mengunjungi situs, web crawler menggunakan tautan pada situs tersebut untuk menemukan halaman lainnya. Web crawler memberikan perhatian khusus ke situs baru, Update pada sebuah situs, dan tautan yang nonaktif. Program komputer akan menentukan situs mana yang di-crawl, serta seberapa sering dan berapa banyak halaman yang diambil dari tiap situs.

 

Mempercepat Proses Indeks

Dengan mendaftarkan sitemap kita pada mesin pencari seperti Google maka google akan secara otomatis mengindeks seluruh konten pada sebuah website. Baik itu konten lama ataupun konten yang baru saja diperbaharui atau di buat. Akibat pengindeks-an otomatis maka konten kita akan lebih cepat terindeks dan muncul pada mesin pencarian. Hal ini lebih menguntungkan di bandingkan memasukkan url secara manual pada mesin pencari.

 

Meningkatkan Kualitas Website

Dengan Adanya sebuah sitemap maka kualitas sebuah website akan meningkat di mata mesin pencari. Karena sitemap lebih memudahkan mesin pencari dalam mendapatkan informasi mengenai website kita. Informasi tersebut antara lain : url sebuah konten, url konten terbaru, metadata konten dan seberapa sering sebuah website mengupdate kontennya, serta mengetahui url yang sudah nonaktif. Hal ini juga di gunakan oleh google dalam program google adsense mereka untuk memastikan apakah sebuah website layak untuk mengikuti program google adsense.

 

Mempermudah Pengunjung Menemukan Website

Dengan adanya sitemap pengunjung akan lebih mudah dalam menemukan sebuah website dalam mesin pencari. Tidak hanya itu dengan adanya sebuah sitemap pengunjung akan lebih mudah mengetahui konten apa saja yang terdapat dalam website kita serta mengetahui Topik utama dalam sebuah site.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url