close

Definisi 3G dan Fungsinya

3G (or 3-G) adalah singkatan dari teknologi generasi ketiga. Yang sering kali digunakan untuk menyebut teknologi terbaru pada ponsel. Layanan yang bersangkutan dengan kemampuan untuk mengirim data yang berupa suara ataupun digital (downloading, email, browsing). Dalam pemasarannya layanan 3G, video call merupakan fitur andalan 3G.Sebuah persaingan baru telah terbuka dalam perebutan izin untuk 3G.Di banyak negara terutama di Eropa, dimana banyak terdapat rumah lelang telah menghasilkan milyaran rupiah untuk izin 3G ini.

Sejak mendapatkan izin untuk mendirikan jaringan dari 3G ini, perusahaan ini telah menyiapkan dana untuk membangunnya dengan expektasi menghasikjan banyak keuntungan.Tetapi banyak juga Operator yang menunda layanan 3G mereka karena masalah dana.Kecuali untuk negara jepang dan Korea Selatan yang memberikan izin sekaligus jaringan untuk membangun infrastruktur dari 3G.sedangkan di Eropa kemenangan dari rumah lelang bagi sebagian operator menjadi mimpi burk karena keterbatasan dana. 

Negara yang pertama kali memperkenalkan 3G untuk komersial dalam skala besar adalah negara Jepang.Pada tahun 2005 sekitar 40% pelangan ponsel di Jepang hanya mengunakan servis dari 3G, dan 2G sedang dalam tahap hibernasi tidak lagi byk di gunakan di Jepang.Dan diharapkan pada akhir tahun 2006 2G sudah sepenuhnya beralih ke 3G, dan melanjutkan ke teknologi selanjutnya 3,5G.

 

 Standart dari 3G

Adapun persyaratan minimal kecepatan transmisinya adalah sekitar 2 Mb/s. Evolusi 3G untuk teknologi seluler GSM adalah WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) sedangkan untuk teknologi selular CDMA, evolusinya adalah variannya seperti CDMA 2000 EV-DO (Evolution Data Only).

Pada dasarnya perbedaan di antara 2G,2.5 G dan 3G terletak pada kemampuan dan kecepatannya mengantarkan data.Walaupun dalam teori kita mungkin saja menggunakan telepon selular 2G utk menghubungkan PC kita ke  ISP,kecepatannya begitu rendah

Dengan Menggunakan WAP,kecepatannya 9,6 Kbps ,sekitar seperlima dari kecepatan maksimum modem dial up dan sambungan telepon biasa.GPRS kecepatannya lebih tinggi-hingga 115Kbps.Sedangkan EDGE secara teoritid mampu mencapai 384 Kbps.

3G menawarkan kecepatn hingga 2 MBps.Selain itu 3G mendukung berbagaia layanan tamabhan.Salah satunya daah telefoni video real time.Saat Berbicara di handphone,anda bisa melihat wajah lawan bicara anda,begitu pula sebaliknya.

 

3G Terkini

3G yang ditetapkan oleh pemain GSM juga dikenal sebagai Wideband Code Division Multiple Access(W-CDMA).Meski ada CDMA,teknologi ini bukanlah CDMA yang dikembangkan Qualcoom

3G atau generasi ketiga merupakan nama generik bagi serangkaian teknologi mobile yang dipersiapkan untuk diluncurkan pada akhir 2001 lalu. Ia memakai jaringan infrastruktur, handsets, base stations, switches, dan perangkat lain yang memungkinkan komunikasi seluler dengan akses internet berkecepatan tinggi, data, video, dan layanan musik yang kualitasnya setara Compact Disc (CD). Kecepatan data di jaringan generasi ketiga mencapai 2 megabits per detik.

Pengoperasian cukup dengan menekan tombol di handphone yang mendukung layanan komunikasi data dan video, seketika itu juga gambar daerah rawan macet muncul di layar monitor layaknya sebuah kamera. Layanan yang akhir-akhir ini sedang ngetren di kalangan menengah atas bisa dinikmati dengan handphone terbaru yang mendukung teknologi komunikasi data seperti EDGE (Enhanced Data for GSM Evolution) atau CDMA 2000-1X/CDMA 2000-1X EVDO.

 

Cara kerja 3G

3G adalah suatu alat yang memungkinkan bekerja dengan mengirimkan dan menerima sinyal radio untuk dan dari stasiun pusat (yang dikenal sebagai masts). Stasiun pusat menghubungkan telepon pribadi dengan jaringan yang bergerak dan jaringan yang diam.
Stasiun pusat adalah pengirim gelombang radio berkekuatan rendah yang memerlukan untuk diletakkan di lokasi daerah yang mereka maksudkan untuk menjalankannya. Mereka menyediakan jangkauan ke daerah topologi yang dikenal sebagai cell. Cell-cell ini memerlukan untuk saling melengkapi untuk memastikan pengguna tidak kehilangan koneksi ke jaringan ketika saat bergerak.
Gelombang radio memakai bagian bentuk telekomunikasi mobile dari spectrum elektomagnetik. Gelombang radio dipakai untuk mengirimkan layanan 3G dengan frekuensi rendah yang lebih besar daripada 2G dan berjalan dengan jarak yang lebih dekat. Sebagai hasilnya daerah jangkauan atau ukuran cell  dari stasiun pusat 3G lebih kecil daripada 2G. Selanjutnya, sebagai user meminta peningkatan terutama ukuran dari cell ini semakin kecil membuat ketergantungan.
Karena kemajuan teknologi, lokasi dari tempat cell berada lebih kritis dengan jaringan 3G untuk menghindari gangguan antara kolom cell.
 

 

Tipe – tipe 3G

Ada pun perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut: 

Generasi pertama: analog, kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System) 

Generasi kedua: digital, kecepatan rendah – menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT 

Generasi ketiga: digital, kecepatan tinggi (high-speed), untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.

 

Antara generasi kedua dan generasi ke-3, sering disisipkan Generasi 2,5, yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) & EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.

 

Operator 3G

Saat ini di Indonesia sudah terdapat 2 operator yang sudah mengimplementasikan 3G dan akan menyusul 1 operator lagi. Operator itu adalah :

  • Telkomsel

  • Exelcomindo Pratama

  • Satelindo / Indosat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url