7 Ciri Mencolok Kucing Persia Medium Short Hair

Siapa sih yang tak kenal jenis kucing yang satu ini. Pastinya kita semua terutama para cat lovers sangat kenal dengan kucing Persia ini. Bahkan saat ini di antara para pembaca kemungkinan ada yang memelihara ataupun hendak mengadopsi kucing Persia.

 

Ciri Kucing Persia Medium Short Hair
Ilustrasi Kucing Persia Medium Short Hair

 

Kucing Persia memang merupakan kucing yang sangat populer untuk di jadikan sebagai hewan peliharaan di Indonesia. Dari beberapa jenis kucing yang ada di Indonesia, kucing Persia termasuk peringkat tinggi dalam daftar jenis kucing yang akan di jadikan hewan peliharaan di Indonesia. 

Untuk kucing Persia sendiri ada banyak jenis kucing persia seperti : Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya, Persia Short Hair dan Persia Medium. Pada kesempatan kali ini Anggora hanya akan membahas mengenai kucing Persia Medium Short Hair dan ciri-cirinya.

Bagi kamu yang penasaran mengenai kucing Persia Medium Shorthair dan ciri-cirinya maka kamu dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahuinya.

 

Sedikit Info Mengenai Kucing Persia Medium Short Hair

Seperti yang kita tahu bahwa kucing Persia merupakan kucing ras yang berasal dari Iran dan Turki. Kemudian seiring waktu banyak dari cat lovers ataupun peternak kucing yang mengawinkan kucing jenis ini dengan kucing lainnya.

Dari sinilah awal mula terlahirnya kucing Persia Medium Short Hair. Lalu dengan kucing apa kucing Persia dikawinkan ? Menurut beberapa sumber terpercaya, kucing ini di kawinkan dengan jenis kucing lainnya yang memiliki bulu pendek atau kucing tanpa bulu.

Kucing Persia Medium Short Hair hanya terkenal di negara asia saja, seperti negara Indonesia, Thailand, Malaysia dan beberapa negara asia lainnya. Di negara barat sendiri kucing ini tak di kenal bahkan jarang di temukan.

Ini karena kucing jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing Persia murni dengan kucing lokal.

 

6 Ciri-Ciri Kucing Persia Medium Short Hair

Bagi kamu yang ingin mengadopsi kucing Persia Medium Short Hair tentuya kamu akan mencari tahu seperti apa sih penampilan kucing yang satu ini. Ini kita lakukan agar tak salah adopsi dan agar tak di tipu mentah-mentah oleh si penjual.

Seperti apa ciri-ciri kucing Persia Medium Short Hair Ini bisa kamu lihat di bawah ini :

1. Bulu Kucing Ini Tak Sepanjang Kucing Persia Asli

Kucing memang memiliki bulu yang lebih panjang di bandingkan kucing yang biasa dan bahkan lebih panjang jika di bandingkan dengan bulu kucing domestik ( kucing kampung ). Namun panjang bulu kucing yang satu ini tak bisa di bandingkan dengan kucing Persia yang asli atau Persia lainnya.

Ini sebab bulu kucing Persia Medium Short Hair tidak sepanjang bulu kucing persia yang masih memiliki darah murni. Bulu kucing ini juga jauh lebih pendek dengan saudara dekatnya yakni Persia Medium Long Hair dan juga lebih pendek dari jenis kucing Persia lainnya.

Mungkin itulah salah satu alasan mengapa kucing ini di namakan Persia Medium Short Hair ( Persia Sedang Dengan Bulu Pendek ).

Bisa di bilang bulu kucing ini akibat pengaruh perkawinan silang. Ini serupa dengan kucing Anggora mix kucing Kampung yang memiliki ciri bulu yang tak sepanjang bulu Anggora asli. Ciri lain kucing Anggora mix kampung bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.

 

2. Bulu Kucing Lebih Lebat Di Bandingkan Kucing Lokal

Bulu kucing ini juga lebih lebat bila di bandingkan dengan kucing lokal. Hal ini wajar mengingat si kucing masih memiliki garis keturunan kucing Persia. Hanya saja kekurangannya hanyalah bulunya yang tak sepanjang kucing Persia asli sebagaimana anggora telah sebutkan di atas.

Untuk sebagian cat lovers mungkin bulu yang lebat bisa menutupi kekurangan dari bulu kucing yang tak panjang. Dan bagi beberapa cat lovers yang ingin memelihara kucing berbulu lebat namun tak berbulu panjang, memelihara kucing persia jenis ini adalah pilihan tepat.

 

3.  Kaki Kucing Lebih Panjang

Bila di bandingkan dengan kucing Persia ras murni maka kaki kucing ini bisa di bilang sedikit lebih panjang. Kemungkinan panjang kaki kucing Persia Medium Short Hair ini di pengaruhi oleh faktor keturunan dari persilangan dengan kucing lainnya yang membuat kakinya sedikit lebih panjang.

Kaki kucing jenis ini juga bisa di bilang jauh lebih panjang serta lebih besar bila di bandingkan dengan jenis kucing lokal.

Ketika kaki kucing bermasalah, kucing bisa berjalan sempoyongan. Baca penyebab lainnya kucing jalan sempoyongan di sini

 

4. Hidung Kucing Tak Pesek Serta Lebih Besar

Kalau kucing Persia identik dengan hidung yang pesek tetapi kucing yang satu ini tak memiliki hidung yang pesek. Kucing Persia Medium Short Hair hanya memiliki hidung setengah pesek atau tak pesek sama sekali.. Ciri yang satu inilah yang mungkin paling mencolok di bandingkan dengan ciri lainnya.

Selain hidungnya yang tak pesek, kucing ini juga memiliki besar hidung yang jauh lebih besar di bandingkan kucing Persia jenis lainnya.


5. Muka Kucing Tidak Terlalu Rata

Rata-rata kucing Persia memiliki muka yang agak rata. Mukanya juga semakin terlihat rata karena efek hidungnya yang pesek. Muka kucing yang rata ini bisa kita lihat dengan jelas bila kita melihat dari samping kucing.

Karena kucing Persia Medium Short Hair tak memiliki hidung sepesek kucing Persia lainnya maka bentuk muka kucing ini jauh berbeda dengan bentuk muka kucing Persia pada umumnya.

Baca juga 7 beda kucing Anggora dan Persia di sini.

 

6. Telinga Kucing Lebih Besar Dan Lebih Berjarak

Ciri ke enam yakni telinga kucing jenis ini jauh lebih besar dan lebih berjarak di bandingkan dengan teling kucing Persia lainnya.

 

7. Tubuh Kucing Juga Agak Lebih Tinggi

Bila di bandingkan dengan kucing Persia asli kucing ini bisa di bilang sedikit lebih tinggi. Ini agak sedikit melawan bentuk tubuh asli kucing Persia yang mana bentuk tubuh bawaannya adalah bertubuh pendek.

Makanan apa saja sih yang tidak boleh di makan kucing Persia ? Cari tahu dengan mengklik di sini.

 

Untuk bentuk tubuh lainnya seperti bentuk wajah, bentuk tubuh, ekor dan lainnya tak jauh berbeda dengan kucing persia pada umumnya.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai ciri mencolok kucing Persia Medium Short Hair. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mengenali dengan baik kucing Persia jenis ini dan membantu kamu dalam membedakan kucing Persia jenis ini dengan kucing Persia jenis lainnya.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url