close

7 Cara Agar Kucing Sayang Sama Kita

7 Cara Agar Kucing Sayang Sama Kita | Sebagai pecinta kucing tentulah kita ingin agar rasa kasih dan sayang kita terbalas oleh si kucing. Nyatanya apa yang kita harapkan berbanding terbalik dengan apa yang kita dapatkan. Kucing peliharaan yang ada malah jutek dan cuek pada kita. Ia jarang sekali menunjukkan rasa sayangnya kepada kita.

 

Cara Agar Kucing Sayang Sama Kita
Ilustrasi Kucing Cara Sayang Sama Kita


Kucing hanya manja di saat ia sedang lapar saja. Untuk sebagian pecinta kucing sikap kucing yang seperti ini merupakan hal yang biasa, tetapi untuk sebagian lainnya sikap ini justru membuat pecinta kucing agak sedikit sedih dan rendah diri.

Kadang kala akan timbul penyataan seperti "kenapa sih si kucing gak mau di panggil, kok si kucing tak mau di elus-elus, si kucing mengapa gak mau tidur di pangkuan ataupun tidur bersama kita" dan pernyataan-pernyataan lainnya akan muncul dalam benak kita.

Dan pada akhirnya kita merasa bahwa kucing tak sayang pada kita sama sekali. Walaupun sebenarnya kucing yang bersikap serta berprilaku demikian padahal memiliki rasa sayang yang sangat besar terhadap tuannya.

Hanya saja kucing tak tahu harus bagaimana bersikap dan memiliki harga diri yang tinggi, dalam bahasa jepang di sebut tsundere ( malu-malu kucing ). Ini biasa terjadi pada kucing yang tak biasa di latih atau pada kucing yang jarang sekali bertemu dan berinteraksi pada tuannya karena si tuan sibuk bekerja.

Saat si pemilik jarang berinteraksi dengan kucingnya dan lebih banyak berinteraksi dengan keluarga lainnya. Percayalah bahwa kucing akan lebih senang dengan keluarga yang lebih sering berinteraksi dan bermain dengannya ketimbang sang pemiliknya.

Tak jarang hal ini membuat si pemilik bagaikan orang yang asing atau tak begitu penting di mata kucing. Walaupun si kucing sebenarnya hanyalah milik kamu seorang diri.

 

Kenapa Kucing Tak Sayang Sama Kita ?

Banyak hal yang mungkin menjadi penyebab kenapa kucing tidak sayang atau menyukai kita. Berdasarkan pengalaman Anggora yang telah menjadi pecinta kucing expert selama 10 tahunan, berikut ini 8 penyebab kenapa kucing tak sayang, benci atau tak suka sama kita :

1. Suara Tinggi

Kucing sangat benci dengan orang yang berbicara dengan nada tinggi. Bagi kucing, orang yang berbicara dengan nada tinggi terhadap kucing dianggap seperti sedang marah atau memberikan gertakan bahwa kucing harus menjauh dari padanya. Penelitian Galvan dan Vonk dari Universitas Oakland di Kota Rochester membuktikan hal ini. 

12 kucing dengan pola berbeda saat di hadapkan dengan orang yang tak mereka kenal. Percobaan pertama mendapat sikap positif saat kucing di hadapkan dengan orang ramah serta murah senyum. Percobaan kedua memberi hasil negatif, kucing akan menjauh ketika di hadapkan dengan orang berwajah mengkerut, bernada tinggi saat berbicara dan marah.

 

2. Wajah Mengkerut

Seperti yang di jelaskan di atas, kucing sangat benci mendekati orang dengan wajah masam atau mengkerut. Menurut Anggora, sikap kucing ini di ambil dari naluri alaminya yang menganggap orang dengan nada tinggi, wajah masam dan marah adalah makhluk yang berbahaya dan bisa menyakiti mereka sewaktu-waktu.


3. Sering Memarahi Kucing

Sama seperti manusia kucing juga bisa mengingat suatu hal, termasuk siapa saja yang hobi marah kepadanya. Kucing akan takut dan memilih menjauh dari kamu yang hobi memarahinya. Tapi hal ini tak berlaku jika kamu menyogoknya dengan whiskas, hehehe.

Ia akan datang kepadamu namun setelah whiskasnya habis sikapnya akan balik menjauhimu lagi. Lain cerita kalau kamu merubah sikapmu dan lebih ramah ke kucing peliharaan milikmu, pastinya ia tak akan membenci serta menjauhimu lagi.


4. Jarang Memberi Makan Kucing

Jarang memberi makanan ke kucing juga bisa membuat kucing tak sayang pada kita dan membuat kita terasa asing di hadapannya.


5. Jarang Mengelus Kucing

Setiap kali kita mengelus kucing, kucing yang di elus akan merasa bahwa mereka di perhatikan dan di sayang oleh tuannya, Ini membuat kucing menyukai kita dan senang berada di dekat kita setiap kali mereka ingin di perhatikan dan ingin dielus di bagian gatal yang sulit di jangkau. Jarang mengelus kucing membuat kamu kurang di sukai kucing.


6. Jarang Bermain Dengannya

Selain mengelus kucing, bermain dengan kucing juga salah satu bentuk interaksi yang amat di sukai kucing. Karenanya orang yang jarang bermain kucing kurang di senangi dan kurang di kenal oleh kucing.


7. Jarang Memanggil Namanya

Memanggil kucing merupakan salah satu cara menarik perhatiannya dan membuat kucing lebih mengenal kita. Ini karena kucing sendiri memiliki kemampuan untuk membedakan dan mengingat orang-orang dengan perilaku tertentu.


8. Saat Kucing Meminta Makan Kita Tak Memberinya

Kucing punya kemampuan mengingat orang berdasarkan sikap, perilaku dan baunya. Anggora sering kali memperhatikan ayah yang jarang memberi kucing makan saat kucing meminta kepadanya ( bukan saat waktunya makan ). Akibatnya kucing jadi sangat jarang mendekati ayah ketika meminta makanan, namun justru lebih sering datang ke saya.


7 Cara Agar Kucing Sayang Sama Kita

Supaya kucing sayang pada kita dan senang berada dekat kita maka kamu perlu melakukan beberapa hal yang membuat kucing nyaman dan senang padamu. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut yang anggora biasa lakuin untuk membuat kucing sangat sayang pada anggora. Berikut beberapa hal yang bisa kamu coba : 

 

1. Memelihara Kucing Sedari Kecil

Mulailah dengan memelihara kucing sedari kecil. Kucing yang kita pelihara sejak kecil akan membentuk semacam ikatan khusus dengan kita. Kalau di ibaratkan ikatan tersebut akan seperti ikatan ayah dan anak. Karenanya kucing yang di pelihara sejak kecil akan lebih menyayangi kita dan sangat suka menempel dengan kita.

Namun bukan berarti kita mesti atau wajib memelihara kucing semenjak kucing kecil. Kucing yang di adopsi maupun di pelihara saat sudah besar pun bisa juga sangat patuh dan menempel pada kita. Hal ini tergantung bagaimana cara kita merawat dan memperlakukannya.  

Bila kamu ingin kucing kamu lebih patuh dan nurut kepada kamu, kamu bisa membaca caranya dengan mengklik di sini.

 

2. Memberi Nama

Umumnya seorang akan memberikan nama pada anggota keluarga baru mereka. Berilah nama pada kucing. Kucing akan dengan senang hati menerima nama tersebut karena merasa ia berarti dan telah di anggap sebagai anggota keluargamu. Itulah kenapa banyak pecinta kucing yang menamai kucing mereka dengan nama yang unik dan menarik.

Bukan karena sekedar nama namun juga sebagai bahagian bentuk kasih sayang antara pemilik dan kucing peliharaannya. Tak hanya itu nama juga memudahkan kita untuk berinteraksi dengan kucing kita. Interaksi tersebut bisa berupa memanggil, melarang, ataupun memerintah. 


3. Beri Makan Dan Minum Cukup Dan Teratur

Rasa sayang kucing terhadap pemiliknya juga timbul sebab terpenuhinya kebutuhan kucing. Biasakan memberikan kucing makanan dan minum secara teratur. Pastikan juga makanan yang kita berikan adalah makanan yang sehat dan bernutrisi.

Dan berikan minuman yang di masak matang untuk menghindari kucing mencret atau diare. Kucing yang terpenuhi makan dan minumannya cenderung lebih penurut, ramah dan aktif.

Untuk makanan kucing, kamu bisa mencoba memberikan makanan kucing bolt. Review makanan kucing bolt bisa kamu baca dengan mengklik di sini. 

Atau mungkin kamu tertarik menggunakan maxi. Review maxi cat food bisa kamu baca dengan mengklik di sini.


4. Memandikan Kucing

Walaupun kucing tak menyukai mandi namun ternyata kucing akan merasa sangat nyaman dan senang ketika selesai mandi loh. Apalagi kalau kucing yang kita mandikan bulunya kotor akibat bermain di tanah, memiliki banyak kutu dan bakteri.

Sesudah di mandikan dengan shampo kucing anti kutu serta bakteri akan membuat kulit kucing semakin sehat dan kucing merasa nyaman dengan kondisi tubuhnya. Ini tentunya akan meningkatkan rasa sayang kucing kepada kita.

Bila kamu belum begitu paham gimana cara mandiin kucing yang baik, caranya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


5. Memberikan Cemilan Dengan Tangan

Ini salah satu cara yang sering saya lakukan untuk membuat kucing sayang dan menurut ketika di panggil namanya. Caranya mudah, cukup panggil nama kucing dan saat ia mendatangimu berilah ia cemilan dengan memakai tangan kananmu. Cara ini juga efektif bagi kamu yang ingin melatih peliharaanmu untuk melakukan tindakan atau aksi tertentu.

Berikan cemilan beberapa jam setelah pemberian makanan kucing, berikan secukupnya saja guna menghindari kucing mengalami obesitas ( kegemukan ).

 

6. Bentuk Hubungan Dengan Kucingmu

Rasa saya kucing pada kita tak akan terbentuk bila kita hanya sekedar memberi makan saja namun haruslah di sertai juga dengan sebuah interaksi. Seringlah mengelus kucing, menggendongnya memangkunya dan bermain bersamanya ketika kamu memiliki waktu luang. Dengan begitu ia lebih mengenalmu dan merasa nyaman dan senang saat berada di sekitarmu. 

 

7. Memperhatikan Kesehatan Kucing

Bagaimana kucing akan sayang terhadap kita bila kucing yang kita pelihara sakit-sakitan. Penting bagi kita untuk memberi makanan sehat serta memandikan kucing. Pemberian susu dan vitamin pun perlu di lakukan demi menjaga kondisi kucing tetap fit. Usahakan juga minimal sekali sebulan ke dokter hewan untuk cek kondisi kesehatan kucing.

Dan juga saat  kucing di rasa mengalami gejala sakit tertentu sebaiknya segera membawa kucing ke dokter hewan. Semakin cepat kita membawa mereka, semakin cepat pula kucing sembuh serta resiko kucing kehilangan nyawanya akan semakin menipis.

 

Apakah Cara Di Atas Bisa Membuat Kucing Sayang Pada Kita ?

Tentu saja. Soalnya cara-cara di atas adalah cara yang sudah anggora terapin selama ini dalam memelihara kucing. Tetapi dari semua cara di atas menurut saya cara yang paling ampuh adalah cara nomor 5 sih. Cara ini ampuh di gunakan untuk membuat kucing sayang dan bisa juga kita gunakan untuk melatih kucing melakukan atraksi atau sikap tertentu seperti jabat tangan, memijit dll.

Namun untuk membuat kucing sangat sayang pada kita, kita mesti melakukan 7 cara di atas dan sering menerapkan cara no. 5. Yakinlah dalam waktu sebulan kucing akan sayang dan datang padamu ketika kamu memanggil namanya.

 

Wah. ternyata banyak juga ya cara yang perlu di lakukan agar kucing sayang sama kita. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan,semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikannya juga ke kerabat, cat lovers dan sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url