8 Penyebab Kucing Tidur Terus Dan Tidak Mau Makan

8 Penyebab Kucing Tidur Terus Dan Tidak Mau Makan | Pernah tidak kucing milikmu yang tadinya aktif tiba-tiba menjadi malas-malasan & sering tidur. Tak hanya itu saja, kucing kamu juga menjadi malas makan. Apakah ia terkena penyakit ? Belum tentu. Banyak penyebab yang menyebabkan kucing menjadi tidur terus-terusan dan tidak mau makan. Penyebabnya bisa saja mulai dari sesuatu hal yang tak perlu dikhawatirkan hingga hal yang serius yang perlu kita waspadai.

penyebab kucing tidur terus dan tidak mau makan

Sebagai seorang majikan tentunya kita sangat paham akan perubahan sikap dan perilaku hewan peliharaan kita, terutama aktivitas tidur kucing milik kita. Dan saat kucing kita bertingkah aneh seperti sering tidur dan tak mau makan maka kita perlu mendeteksi secara  dini apakah kucing kita tersebut perlu di rujuk ke dokter hewan atau tidak.

Untuk Itu di sini Kenangan Anggora akan berbagi informasi mengenai hal-hal apa saja sih yang menyebabkan kucing menjadi tidur terus dan tidak mau makan. Berikut penjelasannya.

 

8 Penyebab Kucing Tidur Terus Dan Tidak Mau Makan

Berikut beberapa penyebab kucing menjadi sering tidur dan malas makan :


1. Bosan

Tak hanya manusia saja tetapi hewan yang satu ini juga bisa merasakan kebosanan dan juga stress. Saat kucing di tinggal sendirian oleh majikannya maka kucing akan merasakan bosan ketika ia tak tahu apa lagi yang harus ia lakukan. Dan biasanya kucing yang sendirian akan menghabiskan waktunya dengan tidur.

Jika kucing terlalu sering tertidur hal ini tentunya tidak akan baik bagi kesehatannya. Untuk menghindari hal ini sebaiknya beri kucing kamu mainan untuk kucing ketika ia akan di tinggal sendirian di rumah. Atau beri ia kawan kucing lainnya.

Jika kucing kamu jantan maka sebaiknya berilah ia teman kucing betina, begitu juga sebaliknya. Alasan saya merekomendasikan teman yang berbeda gender ( kelamin ) karena jika gender mereka sama, saat mereka sudah tumbuh dewasa maka mereka akan sering bertengkar jika gender mereka sama. Hal ini berdasarkan pengalaman saya sih. Untuk saran saya tersebut bisa kamu ikuti atau abaikan saja jika tidak sesuai hatimu.

Jika kamu tipe orang yang sibuk pastikan untuk mensterilisasinya agar nantinya kamu tidak kerepotan mengurusnya dan memberinya makan jika kucing kamu memiliki banyak anak.


2. Depresi

Saat kucing mengalami stress atau depresi biasnya mereka menjadi lebih sering untuk tidur & malas makan. Hal ini juga di tandai dengan berubahnya perilakunya dan ia jadi sering menghindari kita. Jika kucing kamu mengalami depresi sebaiknya kamu membawa ke dokter hewan agar bisa ditangani secara tepat.


3. Pengaruh Cuaca

Saat cuaca berubah menjadi dingin maka kucing menjadi malas beraktivitas dan lebih sering tertidur. Hal ini tak hanya berlaku bagi kucing liar namun juga pada kucing rumahan. Di karenakan pengaruh dari menurunnya intensitas cahaya dan suhu udara yang sangat dingin yang menyebabkan kucing jadi lebih banyak tidur ketika musim hujan ataupun musim dingin.


4. Kegemukan ( Obesitas )

Hal lainnya yang membuat kucing malas makan dan lebih sering tidur adalah karena kegemukan atau Obesitas. Sebagai majikan sebaiknya kita lebih memperhatikan asupan nutrisi kucing peliharaan kita. Berikanlah makanan kucing yang tinggi protein dan berilah makan secukupnya, jangan sampai berlebihan yang menyebabkan kucing menjadi terlalu gemuk.

Juga berikan si kucing mainan agar ia lebih aktif bergerak. Pasalnya kucing yang kurang bergerak juga bisa membuat si kucing terkena resiko obesitas.


5. Menghemat Tenaga

Kucing tetaplah merupakan hewan yang memiliki naluri predator walaupun ia telah menjadi hewan peliharaan milik kita. Mereka tidur untuk menyimpan energi agar mereka bisa lebih aktif berlari, memanjat, mengikuti serta menerkam musuh mereka.

Saat kucing kelaparan mereka juga akan lebih sering tertidur. Mereka melakukannya agar mereka bisa menyimpan tenaga mereka dan agar mereka bisa menunggu sampai majikan mereka memberi makan mereka. Pernah ketika saat saya lupa memberi makan kucing peliharaan saya karena sibuk bekerja, saya melihat kucing saya tersebut menjadi lebih sering tertidur.

Pada awalnya saya mengira ia sakit namun saya teringat bahwa saya lupa memberi ia makan. Ke esokan harinya kucing saya yang tadinya sering tidur kini telah kembali riang dan aktif bergerak kesana-kemari


6. Faktor Umur

Kucing yang berumur tua biasanya lebih sering tidur di bandingkan yang masih muda. Kucing tua bisa menghabiskan 17- 20 jam untuk tidur. Mereka memang sering tidur namun mereka tetap mau makan dan aktif bergerak.

Jika kucing kamu yang sudah berumur lebih sering tidur tetapi malas makan dan jarang bergerak mungkin saja ia terkena penyakit maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter terdekat di tempatmu agar ia segera di beri pengobatan yang tepat.


7. Terkena Penyakit

Kucing yang terkena penyakit akan malas beraktivitas dan lebih memilih untuk tidur karena ia merasa tubuhnya tidak enak. Kucing yang sakit juga cenderung lebih malas makan atau bahkan tak mau makan sama sekali.

Mencret, mata banyak kotoran, mata bengkak, hidung ingusan, nafas kucing cepat, mulut hitam dan bau, sering muntah-muntah, sering tidur dan tak mau makan adalah gejala umum yang menandakan bahwa kucing menderita suatu penyakit.

Penyakit ini bisa di sebabkan oleh cacing, virus ataupun bakteri. Saat kucing sakit sebaiknya segera membawanya ke dokter hewan terdekat agar ia segera terselamatkan & segera lekas sembuh.


8. Keracunan

Keracunan bisa juga menyebabkan kucing kita menjadi lebih sering tidur dan malas makan. Penyebab utama kucing keracunan adalah saat kucing berada di luar rumah ia secara tak sengaja memakan tanaman dan serangga. Kucing yang keracunan biasanya sering diare, muntah, sesak nafas, gusi terlihat pucat. Namun ciri yang paling utama berdasarkan pengalaman saya adalah mulut kucing berair dan lama-kelamaan menjadi hitam dan bau.

Untuk mengatasi keracunan biasanya saya memberikan susu sapi steril seperti bearbrand, air kelapa dan madu. Berikan tiap sejam. Gunakan spet ( suntikan ) agar mudah memberikannya ke kucing. Namun jika kamu punya dana lebih sebaiknya segera bawa ke dokter hewan terdekat untuk meningkatkan jaminan kesembuhannya.


Penutup

Saat kucing kita mengalami perubahan perilaku dari riang menjadi pendiam, dari aktif menjadi lebih sering tidur dan dari rakus makan menjadi tak mau makan bisa jadi hal ini di sebabkan oleh beberapa penyebab yang telah saya jelaskan di atas. Jika ternyata penyebab kucing sering tidur apalagi tidur di kamar mandi adalah penyakit maka sebaiknya segera di bawa & di obati ke dokter hewan terdekat agar segera di tangani.

Demikian artikel 8 Penyebab Kucing Tidur Terus Dan Tidak Mau Makan. Semoga Bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url