11 Cara Mengatasi HP Restart Sendiri Pada Android

11 Cara Mengatasi HP Restart Sendiri Pada Android - Mungkin saat ini kamu tengah mengalami hp restart berulang-ulang pada android milikmu. Tetapi tak usah khawatir karena kerusakan ini biasanya bukan kerusakan yang parah. Tak hanya kamu namun hal ini umumnya juga sering terjadi pada para pengguna hp android lainnya, contohnya saya yang pernah jua mengalaminya. Bagi saya sendiri jenis kerusakan ini memang sangat menggangu apalagi di saat sedang menonton atau bermain game di handphone.

cara mengatasi hp restart berulang ulang


Belum selesai menonton atau sedang asik war ataupun bertarung dalam game namun tiba-tiba handphone malah restart dengan sendirinya. Hal ini tentu sangat mengganggu & sangat-sangat membuat kesal.

Nah pada artikel kali ini saya akan berbagi info mengenai bagaimana cara mengatasi hp restart sendiri, namun sebelum masuk ke topik utama ada baiknya kita mengenal sekilas tentang restart pada handphone.


Apa Itu Restart Pada Handphone ?

Restart pada handphone bisa di artikan sebagai proses penghentian seluruh sistem operasi, program berupa aplikasi, komponen-komponen pada handphone yang mana proses restart ini terjadi ketika sebuah sistem dalam handphone mengalami error ataupun bug yang menyebabkan sistem gagal bekerja dengan semestinya.

 

Siapa Saja Yang Bisa Mengalami Masalah Ini ?

Semua pengguna hp android pada umumnya pernah mengalami masalah ini. Namun tiap - tiap pengguna memiliki keluhan atas masalah ini dengan penyebab yang berbeda-beda. 


Kapan & Dimana Hal Ini Bisa Terjadi

Masalah restart ini bisa terjadi kapan pun & dimana pun. Untuk penyebabnya sendiri bervariasi mulai dari salah tekan tombol dll. Untuk pembahasan lebih lengkap dapat kamu simak di bawah ini.


Mengapa Restart Pada Handphone Terjadi ?

Ada beberapa penyebab utama mengapa handphone bisa mengalami restart dengan sendirinya. Penyebab-penyebab tersebut antara lain :


Salah Menekan Tombol

Terkadang masalah ini terjadi karena kita secara tak sengaja menekan tombol power pada handphone milik kita yang menyebabkan hp mengalami reboot. Namun kita mengira bahwa hp kita tersebut sedang mengalami kerusakan berupa restart dengan sendirinya.

 

Tombol Power Mengalami Short

Kasus ini sering terjadi pada beberapa handphone. Tombol power yang short ataupun korslet akan menyebabkan hp restart dengan sendirinya.  Untuk korslet jenis ringan pada hp akan membuat hp terkadang restart dengan sendirinya sementara jika hp mengalami short parah maka bisa menyebabkan hp hanya stuck di logo terus-menerus ( bootlop ) & hp mati total.


Masalah Bug Pada Handphone

Bug adalah cacat pada sistem handphone. Bug sering terdapat pada cusrom & aplikasi root. Namun tak jarang bug di temukan pada operasi sistem bawaan & aplikasi tambahan yang terinstal di hp.

 

Masalah Crash Pada Handphone

Crash biasanya terjadi antara sistem dengan aplikasi yang terinstal pada handphone. Namun tak jarang juga crash terjadi antar aplikasi. Biasanya crash terjadi karena ketidak cocokan ataupun bentrok antar kode yang terdapat di sistem dengan yang terdapat pada aplikasi pihak ketiga.


Penyimpanan Internal Handphone Hampir Penuh

Penyimpanan internal yang hampir penuh seringkali menjadi penyebab hp restart dengan sendirinya. Ketika memori hampir penuh kemudian kita membuka aplikasi maka aplikasi ini kemudian akan menyimpan data serta cache yang mana akan menambah kapasitas penyimpanan internal. 

Jika terus-terusan dibiarkan maka nantinya di saat penyimpanan internal kepenuhan maka sistem operasi akan kebingungan karena tidak ada lagi tempat untuk menyimpan data terbaru & akhirnya sistem akan memutuskan merestart dirinya demi menghindari kerusakan parah pada memori internal hp. Apabila hal ini terus berlanjut bisa jadi hp menjadi bootlop & apabila semakin parah akan menyebabkan emmc rusak  kemudian hp menjadi mati total.


Penggunaan Ram Yang Berlebihan

Saat ram digunakan secara berlebihan dapat mengganggu kinerja hp. Salah satunya dapat menyebabkan hp menjadi lambat akibat ram terlalu banyak di pakai serta dapat juga menyebabkan hp restart dengan sendirinya. 


Mesin Hp Mengalami Panas Yang Terlalu Tinggi

Ketika mesin hp melewati batas suhu normal maka sistem pada hp akan mengeksekusi perintah restart pada hp. Hal ini di lakukan sistem demi menjaga suhu mesin tidak mengalami kerusakan akibat panas berlebih yang di timbulkan mesin.

 


Bagaimana Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri & Berulang-ulang ?

Untuk Mengatasi masalah restart ini baik saat bermain game ataupun saat membuka aplikasi maka kamu bisa melakukan beberapa cara di-bawah ini :


Nonaktifkan HP Beberapa Menit

cara mengatasi hp restart berulang ulang

Dengan mematikan hp beberapa menit dapat membuat short karena kondisi tertentu pada hp akan menghilang. Tindakan ini juga dapat mendinginkan suhu mesin sehingga mesin yang tadinya mengalami panas yang terlalu tinggi ( 0verheat ), suhunya akan kembali normal.

Saat mematikan hp lebih baik sekaligus mencabut memory card, sim card, baterai ( untuk baterai non-tanam ). Setelah itu tunggu beberapa menit, untuk waktu minimalnya sih sekitar 10-15 menitan namun lebih dari itu malah lebih baik. Sesudah beberapa menit pasang kembali semuanya ( memory card, sim card, baterai ). Kemudian lihatlah apakah hp mu masih mengalami restart. Jika iya, maka kamu dapat mencoba langkah selanjutnya.


Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik

Jika cara di atas belum berhasil maka kama kamu dapat mereset smartphone kamu kembali ke pengaturan pabrik. Namun sebelum mereset smartphone kamu ke pengaturan pabrik, ada baiknya kamu cadangkan terlebih dahulu data kamu yang ada di smartphone agar tidak hilang saat dilakukan reset ke pengaturan pabrik.

Jika kamu sudah membackup datamu atau kamu bersedia kehilangan data-data di smartphonemu maka kamu dapat mengikuti langkah berikut untuk reset pabrik :

 

  • Masuk ke PENGATURAN / SETTING

  • Pilih SETELAN TAMBAHAN / ADDITIONAL SETTING

    Cara Mengatasi HP Restart Sendiri Pada Android


  • Lanjut memilih CADANGKAN & SETEL ULANG / BACKUP & RESET 

    cara mengatasi hp restart berulang ulang


  • Kemudian pilih KEMBALIKAN KE SETELAN PABRIK / FACTORY RESET

    Cara Mengatasi HP Restart Sendiri Pada Android


  • Kemudian Pilih SETEL ULANG TELEPON

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri Pada Android


 

Aktifkan Aplikasi Yang Dinonaktifkan Secara Paksa

Menonaktifkan aplikasi bawaan pada sistem smartphone dapat menyebabkan error pada sistem operasi smartphone. Mungkin ada beberapa di antara kita yang tidak sengaja ataupun sengaja menonaktifkan aplikasi bawaan smartphone tanpa tahu akibatnya. Namun terkadang ada beberapa aplikasi yang secara otomatis memaksa aplikasi bawaan smartphone untuk nonaktif. Aplikasi ini biasanya adalah jenis aplikasi yang khusus untuk hp root.

Untuk mengaktifkan kembali aplikasi yang nonaktif bisa dilakukan dengan cara berikut :

  • Masuk ke PENGATURAN / SETTING .

  • Pilih KELOLA APLIKASI / MANAGE APPLICATION.

    cara mengatasi hp restart berulang ulang


  • Carilah aplikasi yang nonaktif kemudian pilih AKTIFKAN / ACTIVATE.

    cara mengatasi hp restart berulang ulang


  • Setelah aplikasi telah diaktifkan maka selanjutnya tinggal merestart / mereboot kembali handphone kamu. 

 

Wipe Cache Melalui Recovery Mode

Cache adalah data yang menyimpan informasi sementara pada program berupa browser, aplikasi dll.  cache memungkinkan program maupun aplikasi lebih cepat untuk mengakses informasi sehingga menyebabkan loading program ataupun aplikasi menjadi lebih cepat. Namun terkadang cache bisa saja menyebabkan error apalagi di smartphone.

  • Untuk menghapusnya kamu dapat masuk ke RECOVERY MODE, cara untuk masuk ke recovery mode pada tiap-tiap merk handphone berbeda. Kamu dapat mencari cara yang sesuai untuk smartphone kamu dengan browsing di internet.

  • Kemudian pilih WIPE CACHE.

  • Jangan Memilih WIPE DATA & CACHE karena hal ini bisa menyebabkan seluruh data pada smartphonemu terhapus & kamu akan kehilangan data-data milikmu.

  • Setelah memilih WIPE CACHE kemudian pilih RESTART SISTEM.

 

Hapus Data Aplikasi Yang Baru Di Update atau Uninstal Aplikasi Yang Terakhir Terinstal

Mengupdate aplikasi maupun menginstal aplikasi terkadang bisa menyebabkan crash ataupun error pada handphone. Crash ataupun error inilah yang nantinya dapat menyebabkan hp restart-restart dengan sendirinya.

Menghapus data aplikasi yang baru di update atau menguninstal aplikasi yang baru saja di instal dapat mengilangkan crash ataupun error ini.

 

  • Masuk ke PENGATURAN / SETTING.

  • Pilih KELOLA APLIKASI / MANAGE APPLICATION.

    cara mengatasi hp restart berulang ulang


  • Carilah aplikasi yang ingin dihapus datanya atau di uninstal kemudian pilih HAPUS DATA / DELETE DATA  untuk menghapus data atau pilih UNINSTAL untuk meng-uninstal aplikasi.

    cara mengatasi hp restart berulang ulang


  • Selanjutnya tinggal merestart / mereboot kembali handphone kamu. 

 

Mengganti Baterai

Terkadang baterai yang mengalami short, kerusakan ataupun baterai yang berumur bisa menyebabkan beberapa kerusakan seperti : handphone bootloop, restart terus menerus, restart-restart sendiri & bahkan mati total. Setelah menerapkan beberapa cara di atas namun masih tetap saja belum berhasil mengatasi restart sendiri maka ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk mengganti baterai handphonemu dengan baterai baru.

Namun sebelum membeli baterai pastikan kamu membei baterai ori atau minimal baterai yang memiliki kualitas yang hampir sama dengan baterai bawaan hp. Karena jikalau kamu asal-asan membeli baterai hp, bukannya bagus malah akan menambah kerusakan baru seperti, baterai cepat habis, baterai kembung, fake charging, fake persentase dan masalah masalah lainnya. Setelah membeli baterai jangan lupa lakukan kalibrasi. Untuk caranya bisa kamu cari di google dengan mengetik "cara kalibrasi baterai handphone" .


Jangan Menggunakan Seluruh Memori Ram

Memori ram adalah memori yang berfungsi memproses atau menjalankan aplikasi pada handphone. Memakai ram terlalu banyak bisa menyebabkan hp menjadi lemot ( loading lamban ). Bahkan jika terlalu banyak memakai memori ram dapat menyebabkan hp merestart dengan sendirinya. Untuk menghindari hp merestart dengan sendirinya, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan :

 

Hindari multitasking

Jangan membuka banyak aplikasi sekaligus ( multitasking ) serta hindari tindakan multitasking ini.


Tutup Aplikasi Setelah Digunakan

Setelah memakai aplikasi maka keluarlah dari aplikasi dengan menutupnya bukan memilih menu home untuk keluar. Dengan menutup aplikasi setelah menggunakannya maka kamu akan menghindari multitasking & membuat memori ram tetap lega.


Bersihkan Ram Secara Berkala

Bersihkan ram setiap beberapa jam, setengah hari ataupum setiap sehari. Kamu dapat mengatur waktu pembersihan ram sesuai keinginanmu.

 

Unrootlah Hp kamu

Smartphone yang di root plus di instal cusrom biasanya sangat rentan terhadap bug maupun virus. Apabila kamu telah meroot smartphone milikmu serta menginstal cusrom maka ada baiknya kamu menginstal smartphone kamu kembali ke rom official dan melakukan unroot pada smartphonemu.


Update Sistem Operasi HP

Melakukan update sistem operasi pada handphone dapat memperbaiki masalah masalah yang timbul karena bug ataupun crash pada hp. Untuk update sendiri terkadang vendor smartphone rajin merilis update versi sistem operasi terbaru setiap bulannya untuk smartphone keluaran terbaru. Namun untuk smartphone tipe lama, update sistem versi terbaru hanya tersedia tiap setengah tahun, setahun atau bahkan tidak ada update sama sekali.

Mengupdate sistem operasi hp merupakan cara yang paling efektif untuk memperbaiki bug, crash error serta mengatasi hp yang restart-restart sendiri. Cara ini dapat dilakukan sebelum melakukan instal ulang smartphone.

Untuk cara updatenya sendiri cukup mudah, bahkan kamu sendiri bisa melakukannya. Begini cara update hp kamu :


  • Masuk ke PENGATURAN / SETTING

  • Pilih TENTANG TELEPON / ABOUT PHONE

    cara mengatasi hp restart sendiri saat main game



  • Lalu pilih UPDATE SYSTEM  / PEMBARUAN SISTEM

    cara mengatasi hp restart sendiri saat main game


  • Kemudian cek apakah disana tertera update terbaru

    cara mengatasi hp restart sendiri saat main game


  • Jika tertera update terbaru maka lanjut pilih DOWNLOAD UPDATE / UNDUH PEMBARUAN

cara mengatasi hp restart sendiri saat main game

 

Catatan : Sebelum melakukan update pastikan kamu memiliki banyak kuota internet, minimal 5GB. Serta pastikan kecepatan internet kamu cepat serta stabil supaya proses update berhasil & tidak mengalami kegagalan.  

 

Menginstal Ulang Sistem Smartphone

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi hp restart sendiri di android. Sebelum melakukan instal ulang ada baiknya kamu membackup data kamu agar kamu nantinya tidak kehilangan data pada saat proses instal ulang. Instal ulang sistem operasi smartphone kamu dengan sistem operasi official brand hp tersebut. Untuk cara instal ulang sendiri banyak tersedia di internet. Namun apabila kamu merasa tidak mampu untuk menginstal ulang sendiri hp kamu maka kamu dapat membawanya ke service hp terdekat di kotamu.

 

Bawa Hp Kamu Ke Servis Hp Terdekat

Cara yang paling terakhir yang dapat kamu lakukan setelah sebelumnya kamu telah menerapkan beberapa cara di atas namun belum mampu mengatasi masalah restart pada handphone adalah dengan membawa handphone kamu ke servis hp terdekat. Cara ini bisa dibilang yang paling mudah & tidak merepotkan hanya saja kamu perlu mengeluarkan sedikit biaya. Biasanya upah untuk menyervis kerusakan seperti ini hanya sekitar Rp 150.000 sampai dengan 250.000 tergantung jenis kerusakan pada hp. 


Penutup

Hp restart dengan sendirinya bisa disebabkan beberapa hal seperti yang telah saya jelaskan & kamu dapat berusaha memperbaikinya dengan cara-cara yang ada di atas. Cara-cara di atas juga dapat diterapkan pada semua jenis smartphone android seperti samsung, xiaomi, oppo, vivo, asus, realme dll.

Namun apabila masih tetap tidak bisa diperbaiki maka ada baiknya langsung membawanya ke tukang servis handphone terdekat sebelum kerusakan semakin menjadi parah. Jika biaya servis sebanding dengan harga seken handphone milikmu maka ada baiknya kamu tak perlu menyervisnya tapi lebih mempertimbangkan untuk mengganti handphone dengan handphone baru.


Cukup sekian artikel 11 Cara Mengatasi HP Restart Berulang-Ulang Pada Android. Semoga artikel ini memberikan solusi serta bermanfaat bagi kamu

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Guru Penyemangat
    Guru Penyemangat 9 July 2021 at 18:50

    Cakep mantab. Ulasannya bernas dan lengkap. Bermanfaat.

Add Comment
comment url