10 Waktu Mustajab Berdoa Dalam Islam

10 Waktu Mustajab Berdoa Dalam Islam - Sebagai umat islam beribadah serta berdoa kepada Allah Subhana Wataala merupakan suatu hal yang wajib untuk kita lakukan. Kita beribadah semata - mata mengharapkan pahala serta ridho darinya serta berharap kelak saat kita telah tiada kita akan di kumpulkan bersama umat muslim lainnya di dalam surga firdausnya. Sementara itu doa kita panjatkan setiap harinya, baik seusai sholat ataupun pada waktu-waktu tertentu untuk memohon perlindungan, kemudahan atas segala urusan serta kemudahan rizki, di kabulkannya hajat dsb.

10 Waktu Mustajab Berdoa Dalam Islam

Berdoa tidak hanya sekedar meminta sesuatu hal pada Allah sang rabb pencipta kita, namun juga tanda bahwa kita adalah hambanya yang beriman padanya. Berdoa juga merupakan tanda bahwa kita bukanlah termasuk golongan orang-orang sombong yang kelak akan di lemparkan ke panasnya neraka jahannam dalam keadaan sangat hina.


Hal ini di jelaskan dalam alqur-an suroh al gafir ayat 60 :


ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ


Berdoalah kepada-ku, Aku akan kabulkan doa kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-ku, kan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (Quran Suroh Al-Ghafir ayat 60)


1. Di Saat Adzan Berkumandang & Di saat Perang Tengah Berkecamuk

Salah satu waktu yang mustajab berdoa adalah di saat adzan berkumandang. hal ini di jelaskan dalam hadis riwayat abu daud : 2540 yang mana di sebutkan dalam hadisnya bahwa ada dua waktu mustajab berdoa yakni di saat adzan berkumandang & di saat perang tengah berkecamuk. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak hadis di bawah ini :

Rasulullah SAW bersabda

ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا


“Doa tak tertolak di 2 waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolak. Yakni di saat adzan berkumandang & saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” ( Hadis Riwayat Abu Daud : 2540 )


2. Di antara adzan & iqamah

Di saat tengah adzan sangat di anjurkan bagi umat muslim untuk berdiam atau berhenti dari segala aktivitasnya kemudian mendengarkan adzan, mengikutinya serta menjawabnya. Tindakan ini merupakan salah satu sunnah dalam islam. Dan setelah adzan serta iqomah kita bisa memanjatkan doa sesudah adzan serta iqomah. Namun tahukah kamu bahwa di berdoa di antara waktu adzan & iqomah merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Hal ini sebagaimana di katakan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang di sebutkan dalam sebuah hadis :

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة


“Doa diantara adzan & iqamah tak tertolak” ( Hadis Riwayat Tirmidzi : 212 )


3. Berdoa Di Hari Jum’at

Hari jumat merupakan salah satu  hari di mana doa yang kita panjatkan mustajab ( mudah terkabul ). Namun waktu mustajab berdoa di hari jumat hanyalah sebentar.  Mengenai mustajabnya doa di hari jumat di jelaskan pada hadis berikut ini :


أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها


“Rasulullah Shallallahu menyebutkan mengenai hari Jumat lalu beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Apabila seorang muslim berdoa saat itu, pastilah diberikan atas apa yang ia minta’. kemudian beliau mengisyaratkan memakai tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” ( Hadis Riwayat  Bukhori : 935 & Hadis Riwayat Muslim : 852 )

 

Maka pada hari jumat perbanyaklah berdoa siapa tahu salah satu dari doa - doa yang kita panjatkan bisa mustajab. 


4. Berdoa Di Hari Arafah

Hari arafah merupakan salah satu waktu di mana doa yang kita panjatkan mustajab. Hari arafah adalah saat di mana jemaah haji melaksanakan wukuf di arafah yakni di tanggal 9 pada bulan dzulhijjah. Di hari ini sangat di anjurkan bagi kita maupun para jemaah haji untuk memperbanyak doa. Nabi muhammad sallalahu alaihi wasallam bersabda :

خير الدعاء دعاء يوم عرفة


“Doa terbaik ialah doa ketika hari Arafah” ( Hadis Riwayat Tirmidzi :3585 )


5. Saat Tengah Turun Hujan

Saat hari tengah hujan maka sebaiknya kita memperbanyak doa. Apalagi di saat tengah sholat fardu lalu turun hujan maka ada baiknya kita memperbanyak doa. hal ini seperti yang telah di sebutkan dalam sebuah hadis bahwa saat hujan doa  tak akan tertolak. Berikut hadis yang menjelaskan tentang doa yang tak tertolak saat hujan :

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر


“Doa tak akan tertolak di 2 waktu, yakni saat adzan berkumandang & saat turun hujan” ( Hadis Riwayat Hakim : 2534 )


6. Ketika Sujud Dalam Shalat

Saat sujud posisi kita sangatlah dekat dengan Allah sang pencipta kita. Maka pada momen ini sebaiknya kita melamakan sujud & membaca doa dalam hati. Karena doa di saat tersebut adalah doa yang mustajab.

أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا


“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya adalah saat ia  tengah bersujud. Maka perbanyak berdoa saat itu” ( Hadis Riwayat Muslim : 482 ) 


7. Sebelum Salam Pada Shalat Wajib

Rasulullah sempat di tanya oleh seseorang mengenai kapan saat doa kita di dengar allah, lalu beliaupun menjawab di akhir malam serta di akhir shalat fardu yaitu sebelum salam. Hal ini di terangkan dalam hadis berikut :


قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات


“Seseorang bertanya: Wahai Rasulullah, kapankah doa kita di dengar oleh Allah Taala ? Beliau bersabda : “Pada akhir malam & pada akhir shalat wajib”  ( Hadis Riwayat Tirmidzi : 3499 )

 

8. Sahur Atau Sepertiga Malam

Saat sepertiga malam adalah saat yang di penuhi berkah. Di saat sepertiga malam allah akan turun ke langit bumi serta akan mengabulkan segala doa yang dipanjatkan oleh hamba - hambanya. Maka pada saat itu marilah kita menunaikan ibadah malam seperti shalat tahajjud serta memanjatkan doa agar segala hajat kita di kabulkan oleh-Nya.


ينزل ربنا تبارك وتعالى كل ليلة إلى السماء الدنيا ، حين يبقى ثلث الليل الآخر، يقول : من يدعوني فأستجيب له ، من يسألني فأعطيه ، من يستغفرني فأغفر له


“Allah akan turun ke langit dunia di sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, orang yang meminta sesuatu pada-Ku akan Aku berikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Aku ampuni‘” ( Hadis Riwayat Bukhori : 1145 & Muslim : 758 )

 


9. Saat Berbuka Puasa

Di saat berbuka puasa sangat disarankan untuk memanjatkan doa. Karena doa orang berpuasa di saat berbuka sangat mustajab. Hal ini di sebutkan dalam hadis di bawah ini :


ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم


‘”Ada 3 doa yang tidak tertolak. Doa dari orang berpuasa ketika berbuka puasa, doa pemimpin yang adil & doa dari orang terzhalimi” ( Hadis Riwayat Tirmidzi: 2528 )


10. Saat Malam Lailatul Qadar

Siapa yang tak kenal malam yang satu ini. Seluruh umat muslim pasti tau mengenai malam ini. Malam lailatul qadar adalah malam yang mulia yang mana malam ini lebih mulia dari seribu bulan & malam di saat alquran di turunkan. Kemuliaan malam lailatur qadar ini di sebutkan dalam surah al-qadr dan juga beberapa hadis.


لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ


“Malam Lailatul Qadar lebih baik dibanding 1000 bulan”  ( Quran Suroh Al Qadr: 3)



Dalam sebuah hadis riwayat bukhari disebutkan bahwa malam lailatul qadar biasanya terdapat di saat 10 malam terakhir ramadhan  :


تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ


“Carilah malam lailatul qadar di 10 malam terakhir bulan Ramadhan.” (Hadis Riwayat Bukhori) 

 

Penutup

Berdoa merupakan salah satu ikhtiar kita dalam mencapai keinginan kita setelah melakukan kerja keras. Dengan yakin berdoa maka kita akan semakin di dekatkan  pada hal yang kita inginkan. Doa juga merupakan salah satu tanda seorang hamba yang tahu diri serta tak sombong di hadapan rabbnya. Beberapa hal di atas merupakan 10 saat dimana doa seorang hamba allah mustajab.

Demikian artikel 10 Waktu Mustajab Berdoa Dalam Islam. Semoga memberi manfaat bagi saya dan pembaca sekalian. Amin.... amin ya robbal alamin.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Guru Penyemangat
    Guru Penyemangat 9 July 2021 at 18:48

    MasyaAllah. Sungguh ulasan yg bikin adem. Semoga doa kita terkabul dan menembus langit. Salam gan

Add Comment
comment url