Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dan Ginjal Serta Paru-Paru

Jantung merupakan sebuah organ penting bagi tubuh. Cara kerja jantung mirip seperti sebuah pompa. Yang mana pompa ini akan mengalirkan darah segar yang membawa oksigen dan nutrisi ke tiap-tiap bagian tubuh lainnya. Dan perlu kita ketahui bahwa jantung adalah organ yang bekerja tiada henti setiap harinya. Dengan otot kuatnya jantung mampu berdetak hingga 100 ribu kali perharinya. Ia juga tak pernah beristirahat bahkan pada saat tubuh kita sedang tertidur nyenyak.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dan Ginjal Serta Paru-Paru

Pada saat memompa darah ia membutuhkan bantuan dari ginjal. Bantuan tersebut berupa proses pembersihan darah dari zat berbahaya dan kelebihan kandungan air yang dilakukan oleh ginjal agar dihasilkan darah yang baik untuk tubuh. Ginjal menyaring zat sisa yg berupa ureum dari dalam darah.

Dengan bantuan inilah jantung dapat melakukan tugasnya dengan baik. Lalu zat berbahaya, sampah dan kelebihan air yang telah disaring tadi kemudian dikeluarkan lewat urin.

Tak hanya itu ginjal juga memiliki tugas mengatur jumlah elektrolit dan kimia yang ada dalam tubuh. Ginjal juga menyerap vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang, mengatur kerja otot, mengatur tensi darah dan sel trombosit. Organ Jantung dan Ginjal memiliki tugas yang berkaitan erat ssatu sama lain.

Sementara itu paru paru memasok udara yang dibutuhkan oleh tubuh dan membuang karbon dioksida dari tubuh. Setelah oksigen telah diserap darah. kemudian darah disaring oleh ginjal lalu dipompa untuk dialirkan ke seluruh tubuh oleh jantung.

Ketiga bagian tubuh ini memiliki tugas yang erat kaitannya satu sama lain. Oleh karenanya sangat penting bagi kita menjaga kesehatan ketiga organ ini. Agar dimasa depan kita tidak terkena penyakit seperti penyakit jantung koroner, jantung lemah, jantung bengkak, hipertensi, gagal ginjal,ginjal bocor diabetes maupun penyakit paru-paru.

Berikut beberapa cara yang dapat kita kerjakan untuk menjaga meminimalir kerusakan & menjaga kesehatan organ-organ ini

 

Berolahraga Dengan Rutin Setiap Harinya

 

Menjaga Kesehatan Jantung Dan Ginjal Serta Paru-Paru Dengan Berolahraga

 

Usahakanlah untuk bangun pagi hari untuk berolahraga karena pada saat pagi hari, udara  masih tergolong bersih dan kaya akan oksigen. Udara yang kaya akan oksigen sangat baik bagi seluruh tubuh tak terkecuali bagi jantung, paru-paru serta untuk ginjal.

Dengan rutin berolahraga akan melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan jumlah oksigen yang mampu dikirimkan darah serta melatih otot organ dalam maupun otot luar. Dan juga zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dikeluarkan oleh tubuh lewat proses ekskresi melalui keringat.

Olahraga yang harus dilakukan tidak harus jenis olahraga yang berta. Kamu juga dapat melakukan jenis olahraga ringan. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh kamu, olahraga dipercaya mampu mencegah proses penuaan dini. Organ sehat dan kamu pun awet muda.

 

Menjaga Pola Makan

 

Menjaga Kesehatan Jantung Dan Ginjal Serta Paru-Paru Dengan Menjaga Pola Makan

 

Perhatikan pola makan kita. Jika pola makan kita buruk ada baiknya mulai sekarang kita merubahnya. Makanlah makanan yang mengandung lemak baik seperti salmon dan makanlah sayuran serta buah-buahan yang baik bagi tubuh. Sebaliknya jangan memakan makanan yang mengandung tinggi kadar lemak jenuh seperti daging merah & makanan yang tinggi kadar gula, garam.

Serta hindari terlalu sering memakan junk food (makanan instan) dan minuman yang banyak mengandung soda. Karena jenis makanan dan minuman ini sangat buruk pengaruhnya terhadap ginjal & jantung. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kesehatan ginjal. Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit batu ginjal maka disarankan banyak meminum air putih.


Berhenti Merokok dan Mabuk Alkohol


Menjaga Kesehatan Jantung Dan Paru - Paru Dengan Berhenti Merokok Dan Mabuk

 

Merokok sangatlah tidak baik bagi tubuh termasuk paru dan jantung dikarenakan banyaknya zat berbahaya yang terkandung didalamnya. Dan juga saat kamu merokok orang disekitarmu akan menjadi perokok pasif. Bahaya bagi tubuh perokok pasif lebih besar dibanding perokok aktif.

Apalagi alkohol tentu saja juga buruk bagi tubuh kita terutama bagi ginjal. Tak hanya buruk bagi tubuh alkohol juga bisa menyebabkan orang kehilangan akal sehatnya ketika minum berlebihan. Saat hilang akal akibat terlalu mabuk bisa menyebabkan orang melakukan tindakan kriminal seperti pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan & tindakan kriminal lainnya. 

Jadi berhentilah Merokok serta mabuk alkohol demi menjaga kesehatan tubuhmu sendiri dan demi kesehatan dan kebaikan orang-orang yang ada disekitarmu. 

 

Menjaga Berat Ideal Tubuh

 

Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Berat Ideal


Cek berapa ideal suhu tubuhmu. Jika beratmu terlalu melebihi berat ideal milikmu maka sebaiknya kamu melakukan diet. Saat melakukan diet lebih baik kita mengiringinya dengan olahraga dan memeriksa apakah cara diet kita adalah diet yang sehat. Kelebihan berat badan bisa menaikkan tekanan pada darah. Hal ini memilik akibat buruk terhadap ginjal. Rutinlah berolahraga dan diet hingga berat badanmu turun ke berat badan yang ideal.

Untuk mengetahui apakah berat badanmu termasuk berat badan yang ideal. Kamu dapat menggunakan aplikasi penghitung berat massa ideal ( BMI ). Kamu dapat menngunduh aplikasi pengukur BMI di google play store secara gratis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url