Cara Mencegah Jerawat Dengan Mudah Agar Tidak Balik Lagi

Banyak cara telah kita lakukan agar wajah kita bersih & mencegah jerawat termasuk jerawat batu kembali. Dari rutin membasuh wajah setiap hari, mengkonsumsi vitamin & menghindari memakan makanan berlemak. Tetapi seringkali usaha kita itu tidak membuahkan hasil & Jerawat pada akhirnya justru mucul lagi di wajah kita.


Mencegah Jerawat Maupun Jerawat Batu Muncul Kembali

 

Masalah wajah yang satu ini lebih sering muncul pada daerah sekitar muka, seperti pada area hidung, pipi dan daerah dagu. Jerawat di sekitar area muka lebih sering dipicu oleh minyak yang berlebih, debu kotoran dan sisa makeup pada wajah yang menutup pori wajah. Pori wajah yang tertutup ini kemudian meradang dan menjadi benjolan-benjolan nanah. Benjolan nanah inilah yang dinamakan jerawat.

 

Bagaimana Agar Jerawat Tidak Kembali ?

Terdapat langkah sederhana yang dapat kamu kerjakan dengan rutin demi menghindari jerawat agar tak muncul lagi. Berikut beberapa langkah untuk mencegah jerawat secara mudah yang dapat kamu kerjakan :


Basuhlah Muka

Salah satu hal penting yang mana perlu dilakukan demi mencegah jerawat yaitu membasuh muka setiap harinya secara rutin, minimal membasuh muka 2x se-hari dengan sabun khusus muka. Dengan sering membersihkan wajah kita, pori wajah akan tetap bersih dari segala pemicu jerawat. Disarankan untuk memakai sabun khusus muka yang mana bersifat non alkohol dan terbuat dari zat kimia yang ramah bagi kulit agar mencegah terjadinya iritasi pada kulit muka.

Sesudah membasuh muka dengan sabun gunakanlah kain lembut serta bersih untuk mengeringkan wajah kita. Karena kain yang kasar bisa memperlebar pori wajah dan kain kotor dapat menghantar bacteri ke wajah dan menyebabkan jerawat.


Memakai Moisturiser

Permukaan muka kering mampu memacu produksi minyak yang berlebihan pada wajah sehingga jerawat akan mudah mucul lagi dipermukaan kulit wajah. Karena itu ada baiknya bagi kita untuk menggunakan mousturiser ( pelembab ) agar wajah menjadi lembab serta elastis. Jenis pelembab sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.

Juga pakailah pelembap non-comedogenic pelembap ini sifatnya tidak menyumbat pori-pori. Jenis pelembab ini memiliki formula khusus agar tak memicu timbulnya komedo maupun jerawat pada muka.


Memakai Sunblock

Tiap akan melakukan aktivitas diluar ruang-an usahakan selalu memakai sunblock agar kulit kita tidak terpapar cahaya matahari berlebihan serta menyebabkan de-hidrasi. De-hidrasi inilah yang menyebabkan muka memproduksi minyak berlebih. Sunblock yang kamu pakai haruslah sunblock yang mampu memblok cahaya uv agar kulit terlindung dari penuaan dini & resiko cancer pada kulit.


Hindari MakeUp Di Muka Yang Berjerawat

Sebagian dari kita mungkin cenderung berusaha menutupi jeraawat pada wajah mereka dengan makeup. Tetapi tindakan inilah yang justru akan memperparah kondisi wajah & menyebabkan wajah breakout.

Lebih baik untuk menghindari memakai makeup di area kulit berjerawat atau gunakanlah makeup yang non parfum serta non minyak.


Menghindari Memegangi & Memencet Jerawat

Sebelum memegang wajah sebaiknya membersihkan tangan dahulu agar bacteri tangan tidak pindah ke muka. & janganlah memegangi ataupun memencet jerawat terlalu sering. Karena kedua hal remeh ini terbukti mampu menyebabkan wajah semakin berjerawat dan kondisi wajah akan semakin parah.


Menerapkan Perilaku Hidup Yang Sehat

Selain cara diatas kita juga dapat mencegah wajah berjerawat kembali dengan menerapkan perilaku hidup yang sehat. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan


Olahragalah Setiap Hari

Berolahraga setiap hari bisa memperlancar peredaran darah, dengan lancarnya peredaran darah maka tingkat pasokan oksigen pada kulit juga meningkat dan hormon pada tubuh juga akan terjaga keseimbangannya. berolahraga dapat mencegah serta mengurangi jerawat.


Banyak Minum Air Putih

Apabila tubuh kita de-hidrasi maka minyak akan diproduksi secara berlebih pada wajah. Minyak berlebih yang diproduksi akibat de-hidrasi menimbulkan jerawat pada muka. Karena itu penting bagi kita untuk minum minimal 8 cangkir air putih setiap harinya agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi.


Jaga Pola makan

Jagalah pola makan kita dengan mengurangi memakan makananan yang digoreng, makanan junk food, minuman yang manis-manis serta susu. Makanan beserta minuman kategori ini adalah makanan yang mampu memancing timbulnya jerawat pada muka. Dan sebaiknya memperbanyak memakan buah-buahan serta sayuran karena memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan kulit kita.


Kelola Stress

Jika sedang mengalami stres maka cobalah untuk berusaha sesegera mungkin meredakan stress tersebut. karena disaat kita mengalami stres, tubuh menghasilkan hormon berlebih yang bernama kartisol yang mana mampu memacu pengeluaran minyak yang berlebihan dikulit wajah. Stress bisa diatasi ataupun diredam dengan cara olahraga setiap hari, mendengar musik ataupun menonton film yang kita sukai, bermeditasi ataupun bahkan bermain game.

Dengan menerapkan cara diatas secara rutin serta konsisten maka akan mencegah jerawat muncul kembali. Namun apabila cara diatas tidak berhasil maka ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk mengatasi masalah jerawat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url