9 Cara Merawat Komputer Agar Tidak Cepat Rusak

Komputer ( PC / Personal Computer ) sekarang merupakan suatu perangkat yang biasa digunakan. Baik itu untuk bekerja, belajar, bermain game dan kebutuhan lainnya. Bagi sebagian dari kita mungkin komputer telah menjadi kebutuhan primer & tidak dapat di pisahkan dari kehidupan harian kita. Namun beberapa dari kita banyak yang belum mengetahui tentang cara merawat  komputer dengan tepat sehingga pc ( personal computer ) yang kita gunakan cepat rusak dan berakhir di bengkel perbaikan.

 
Cara Merawat Komputer

Banyak hal-hal kecil ataupun simple yang dapat dilakukan untuk computer kita tapi tanpa disadari kita mengabaikan hal tersebut. Kita mungkin tidak menyadarinya di karenakan kurangnya wawasan kita akan cara perawatan komputer. Oleh sebab itu di sini saya akan memberikan tips sederhana tentang perawatan komputer dengan tepat sehingga tidak cepat rusak.

 

1. Jangan Memakai Komputer Terlalu Lama


Cara Merawat Komputer

 

Disaat kita tengah bekerja, bermain game ataupun menonton film dengan menggunakan computer terkadang membuat kita lupa akan waktu dan bisa membuat kita menggunakannya nonstop tanpa istirahat. Jikalau digunakan untuk hal penting seperti bekerja mungkin bisa dimaklumi. Tapi untuk beberapa hal tidak penting seperti bermain game, nonton film, mendengar musik atau kegiatan lainnya yang tidak begitu penting sebaiknya jangan berlebihan.
Mengistirahatkan computer tiap 2-3 jam mungkin terdengar remeh. Namun dengan beristirahatnya mesin setelah berjam-jam digunakan akan menetralkan suhu mesin dan membuat komponen-komponen penting seperti IC, VGA dan processor tidak mudah rusak.


2. Menggunakan Banyak Kipas Pendingin


Cara Merawat Komputer


Terkadang terdapat beberapa aktivitas menuntut kita untuk menggunakan computer berjam-jam seperti misalnya seorang programmer yang membutuhkan waktu jangka lama dalam pengggunaan computer untuk membuat sebuah program.

Untuk penggunaan computer dalam waktu panjang sebaiknya kita melengkapi computer milik kita dengan banyak  kipas pendingin. Karena penggunaan kipas pendingin sendiri sangat efektif untuk menurunkan suhu mesin dan menjaga mesin tetap dingin.

Tapi menurut pengalaman saya ada baiknya kita membeli kipas pendingin berharga mahal dibanding kipas pendingin berharga murahan seperti kipas dengan harga 50 ribuan. Karena kipas pendingin berharga murahan seringkali fungsinya hanya seperti aksesoris belaka yang tak mampu menetralkan/mendinginkan suhu mesin.

 

 

3. Menempatkan Komputer Di Tempat Yang Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik


Perhatikan Ruangan Komputer Berada

 

Pilihlah lokaasi penempatan computer yang tepat. Seperti ruang yang memiliki cahaya yang cukup dan sirkulasi udara yang baik. Lebih bagus lagi jika penempatannya di ruangan yang agak terbuka. Penempatan computer di tempat yang mempunyai cahaya yang cukup bertujuan agar mereduksi cahaya berlebihan yang terpantul ke arah mata. Dan ruang dengan sirkulasi udara yang bagus mampu mengurangi suhu panas pada mesin.

 

 

4. Jangan Bermain  Game Berat Terlalu Lama


Jangan Bermain  Game Berat Terlalu Lama

 

Bermain game berat yang terlalu lama dapat menyebabkan beban berlebihan pada komponen processor, VGA dan beberapa komponen laptop lainnya. Beban yang berlebih ini nantinya juga akan menyebabkan suhu mesin yang meningkat dan mesin menjadi Overheat ( Panas Berlebih ).

Bermain game juga menyebabkan penggunaan ram yang besar dan seringkali menyebabkan ram rusak dan komputer menjadi blank hitam saat di hidupkan. Mengingat akibat buruk yang di timbulkan dari bermain game berat yang terlalu lama ada baiknya kita menghindarinya dengan menggunakan banyak kipas pendingin ( cooling fan ) dan tidak berlebihan dalam bermain game yang terlalu berat.

 

5. Bersihkan Komputer Minimal Sebulan Sekali


Bersihkan Komputer Minimal Sebulan Sekali

 

Untuk membersihkan computer tidak diperlukan biaya yang mahal. Kita bisa membersihkan computer hanya dengan cara membersihkan computer dalam kondisi mati dan kabel telah di cabut dari colokan listrik. Dengan tisu basah yang banyak di jual di pasaran, bersihkan keyboard komputer, ventilasi udara dan casing komputer dengan tisu.

Untuk bagian layar monitor komputer ada baiknya kita menggunakan cairan pembersih khusus monitor karena bagian ini cenderung sensitif. Setelah dibersihkan diamkan selama satu atau dua jam sebelum digunakan. Kamu dapat membersihkan komputer kamu minimal sebulan sekali agar komputer tidak gampang rusak.

 

 

6. Pasang Antivirus Yang Up-To-Date


Pasang Anti Virus


Pasangilah pc kamu dengan anti virus terbaik dan pastikan anti virus kamu selalu up-to-date ( selalu diperbaharui datanya ). Anti virus berfungsi sebagai proteksi dari masuknya virus yang tidak kita inginkan disaat kita sedang asyik browsing, mendownload musik, film dan filenya. Dan antivirus juga berfungsi untuk mendeteksi apakah software yang akan kita instal atau file yang kita masukkan di komputer memiliki virus atau tidak. Dan jangan lupa untuk terus mengupdate anti virus kamu.

 

 

7. Jangan Asal Meletakkan Barang Dekat Komputer


Cara Merawat Komputer

 

Pastikan bahwa kamu tidak meletakkan barang yang mengandung cairan atau barang lainnya yang beresiko merusak pc di sekitar pc kamu. Misalnya meletakkan Kopi di dekat pc, apabila kopi tumpah mengenai pc maka bisa dipastikan pc kamu akan mengalami kerusakan.

 

 

8. Gunakan Stabilizer Atau UPS Agar Listrik Stabil


Gunakan Stabilizer Atau UPS Agar Listrik Stabil

 

Pastikan arus yang masuk ke pc kamu stabil. Karena pc sendiri membutuhkan arus yang stabil untuk bekerja. Hal ini dapat di atasi dengan menggunakan alat stabilizer atau ups. Jadi apabila daya listrik turun secara tiba-tiba maka arus tetap terjaga stabil dan tidak mengganggu kinerja pc. Selain itu UPS juga berfungsi mencegah piranti pc mati sehingga memberikan kita kesempatan mematikan pc secara normal. Menghindari komputer mati medadak dan mematikan komputer secara benar akan membuat pc yang kita miliki awet dan tidak gampang rusak.

 

 

9. Mematikan Komputer Dengan Langkah Yang Benar


Mematikan Komputer Dengan Langkah Yang Benar
 

Jangan langsung mematikan komputer secara langsung dengan menekan tombol on / off pada piranti komputer. Matikanlah piranti komputer dengan cara yang tepat yakni dengan cara mematikannya melalui perintah shut down pada sistem operasi yang ada pada komputer.

Karena jikalau kamu mematikan piranti komputer langsung melalui tombol on / off maka akan menyebabkan arus pada komputer terputus tiba tiba. Hal ini dapat menyebabkan efek buruk pada komponen beberapa komponen mesin seperti processor, ram hardisk dan psu. Tidak hanya itu mematikan perangkat komputer dengan cara yang salah dapat membuat sistem operasi error dan menyebabkan data-data komputer menjadi corrupt.

Semoga artikel 9 cara merawat komputer agar tidak cepat rusak menambah wawasan kamu dan membuat kamu lebih paham bagaimana cara merawat lomputer dengan mudah dan benar.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url