7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Bagi umat manusia mata merupakan sebuah bagian dari tubuh yang sangat penting. Mata sendiri berfungsi sebagai indera untuk melihat. Tapi anehnya tetap banyak orang yang cuek akan kesehatan mata & abai terhadap gejala-gela yang ada di mata mereka sendiri. Apabila mata mengalami kerusakan maka otomatis penglihatan kita menjadi kurang jelas dan tentunya akan membuat kita tidak nyaman. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan mata.


7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

 

Mata berperan aktif dalam rutinitas harian yang biasa kita lakukan karena apapun kegiatannya pasti akan selalu menyertakan indera penglihatan. Walaupun fungsi mata sendiri akan menurun dengan bertambahnya umur tetapi banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata, menjaga mata agar tidak minus parah & mencegah penyakit-penyakit mata.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mata kamu agar tetap sehat :

 

1. Rajin berolahraga

Berdasarkan hasil suatu penelitian terungkap fakta bahwa dengan rajin berolahraga mampu mencegah resiko terkena berbagai penyakit mata. & rajin berolahraga dipercaya dapat menekan turunnya fungsi pada mata karena diabetes, kolesterol & hiper tensi.

 

2. Jangan Melihat Gawai Terlalu Lama

Saat menggunakan gawai baik itu komputer, laptop maupun smartphone jika penggunaannya berlebihan maka dapat memicu kepala sakit & nyeri dari leher hingga punggung. Tak hanya itu mata kita juga menjadi gampang lelah. Gejala mata lelah di tandai dengan mata seperti kering, penglihatan kabur dan sakit di kepala.

Kamu dapat mencegah mata cepat lelah saat menggunakan gawai dalam waktu yang lama dengan menggunakan kaca mata anti radiasi. Kaca mata ini berfungsi menjaga agar pupil tidak terpapar radiasi dari gawai dan menjaga bola mata kita tetap sehat. Dan saat menggunakan gawai hendaknya menggunakannya di tempat yang memiliki intensitas cahaya yang cukup & tempat tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena ruang dengan cahaya yang cukup akan mengurangi paparan cahaya dari gawai ke mata dan ruangan dengan sirkulasi udara yang baik membuat kita nyaman dan sehat.

Kamu juga dapat melakukan rileksasi mata untuk mengistirahatkan mata ketika bekerja terlalu lama di depan gawai. Caranya yaitu dengan mengalihkan mata memandang yang lain selama kurang lebih 20 detik atau beristirahat minimal 5 menitan tiap 20 menitan. Apabila pupil dirasa agak panas kamu dapat mengatasinya dengan sering berkedip atau memakai obat khusus tetes mata.

 

3. Konsumsi Makan-Makanan Bervitamin & Sehat

Makan-makanan yang banyak mengandung Vit A, Vit C, Vit E, o-mega 3 & nutrisi lainnya sangat baik & sangat amat dianjurkan dikonsumsi demi melindungi agar mataa tetap sehat.
Ada beberapa jenis makanan yang terbukti dapat menangkal gangguan mata dikarenakan bertambahnya umur. Contoh gangguan katarac & amd . Makanan tersebut antara lain Sayur-sayuran yang kehijauan, Telor, Kacang-Kacangan, Ikan Salmon dll.

 

4. Lindungi Pupil Terkena Cahaya UV

Pupil jika sering terkena cahaya UV beresiko terkena penyakit AMD dan juga katarak, cancer & rusaknya cornea pupil. Karena itulah apabila kita sering beraktivitas diluar ruangan pada siang hari maka ada baiknya kita memakai kacanata hitam.

 

5. Berhenti Merokok

Perokok yang aktif lebih beresiko terkena berbagai macam gangguan mata & kerusakan saraf mata yang mana dapat mengakibatkan buta & rusaknya retina pada mata. Setelah mengetahui bahaya merokok ada baiknya berhenti merokok terutama bagi para perokok aktif. Belum terlambat bagi kamu untuk berhenti sekarang dan memulai hidup yang lebih sehat.

 

6. Perhatikan Riasan Muka Yang Kamu Pakai

Ada baiknyanya mengganti riasan tiap 3 bulan apalagi untuk jenis riasan muka yang berbentuk krim & cair. Jenis riasan ini sering menjadi tempat tumbuh bacteri apabila dalam jangka waktu panjang tak pernah kita gunakan.

Sesudah kita selesai menggunakan riasan kemudian bilas muka sampai bersiih. Apabila kamu merasa mata iritasi dan infeksi, segera pergi untuk berkonsultasi & berobat ke docter terdekat.

 

7. Periksa Ke Docter Dengan Rutin

Dengan rutin memeriksa kondisi mata, kita akan mengetahui situasi terkini mataa kita & apakah pupil punya masalah karena disebabkan oleh jenis penyakit seperti hipertensi & penyakit gula.

Pemeriksaan rutin juga diperlukan apabila seseorang punya gangguan mata yang diakibatkan turunan genetic dari ayah & ibu.  Sangat dianjurkan dari anak kecil sampai dewasa untuk rutin memeriksa kondisi mata. pemeriksaan ke dokter minimal dilakukan 2x dalam setahun. Dan untuk usia di atas 40 tahunan, memeriksa mata cukup dilakukan 1x setahun.

Saat kita merasa ada masalah dengan mata maka ada baiknya kita langsung periksa ke dokter. Jangan mengabaikan masalah sekecil apapun pada mata karena sikap tidak abai dan remeh merupakan langkah menjaga mata agar tidak minus dan menjaga mata agar tetap sehat.

Demikian artikel 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata, semoga bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url